Anime Review: Usagi Drop


Sore ini aku baru saja selesai menyaksikan menonton 1 anime yang berjudul Usagi Drop (Bunny Drop). Salah satu anime yang paling so sweet yang pernah aku saksikan selama ini. Sungguh bukan sebuah anime biasa tapi sebuah karya luar biasa dari Yumi Unita.

Bercerita tentang pria single berumur 30 tahun bernama Daikichi Kawachi. Suatu hari, saat pemakaman kakek dari ibunya, terungkaplah bahwa ternyata di akhir hayatnya, kakeknya mempunyai seorang anak lagi dari hubungan gelapnya bersama seorang komikus muda bernama Yoshii Masako. Anak itu bernama Rin Kaga (marga "Kaga" diambil dari kakeknya Daikichi). Saat aku mengatakan 'seorang komikus muda', ibunya Rin benar-benar seorang wanita muda cantik yang masih terlihat begitu belum dewasa, hingga akhirnya dia yang begitu tenggelam dalam dunia manga mengatakan tidak siap menjadi seorang ibu dan membagi waktu untuk anaknya, kemudian dia pun menelantarkan Rin yang masih berumur 6 tahun itu setelah kakeknya Daikichi meninggal.

Awal kisahnya ini menarik, saat menyaksikannya aku benar-benar penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya, penasaran dengan apa yang akan terjadi pada Rin?? Pihak keluarga pun akhirnya juga tidak ada yang mau merawat Rin karena dianggap seorang anak haram. Daikichi yang selalu melihat tatapan kesepian di mata Rin, akhirnya memutuskan untuk mengajaknya tinggal bersama, Rin pun menerima ajakan itu. Daikichi begitu serius untuk merawat Rin, dia bahkan rela turun jabatan agar memiliki banyak waktu untuk bersama Rin.

Berbagai kisah pun mereka lalui bersama, suka maupun duka. Daikichi yang belum pernah menikah selama ini, jadi mempunyai tantangan tersendiri untuknya merawat seorang gadis imut berumur 6 tahun yang bisa dikatakan adalah bibinya jika dilihat dari silsilah. hehe

Waktu berlalu, Daikichi dan Rin pun menjadi begitu akrab layaknya ayah dan anak, orang-orang pun banyak yang menilai demikian. Namun Rin enggan untuk menganggap Daikichi sebagai ayahnya, karena dia tetap merasa kalau kakek adalah ayahnya. Padahal awalnya Daikichi berniat untuk mengadopsi Rin sebagai anaknya.

Banyak orang-orang baru yang mereka temui sejak hidup bersama. Salah satunya adalah Kouki Nitani bersama ibunya, Yukari Nitani. Kouki dan Rin berada di tampat penitipan anak yang sama, sehingga Daikichi pun bisa kenal dengan ibunya saat menjemput. Yukari adalah seorang single mother setelah bercerai dengan suaminya. Merasa sesama single parent, membuat Daikichi dan Yukari jadi dekat.

Mengenai ibunya Rin, Yoshii Masako, Daikichi pun ada menemuinya untuk melihat bagaimana reaksinya jika melihat Rin lagi yang sudah mulai beranjak dewasa. Namun dia tetap kepada pendirian untuk mengabdi sepenuhnya menggambar manga, bahakan sampai mengabaikan kesehatannya sendiri. Sungguh wanita yang menyedihkan dan kekanak-kanakan. Tapi Yoshii begitu mencintai kakeknya Daikichi dan Rin, namun hanya benar-benar tidak ingin mengorbankan pekerjaannya.

Ending dari anime ini cukup gantung—tapi, menurutku itu memang endingnya sudah cukup untuk kisah keren ini. Tapi saat aku mengintip beberapa keterangan anime ini, ternyata cerita lanjutannya bisa dilihat di manganya. Bahkan di manga diceritakan hingga Rin sudah beranjak remaja. Wah—berharap itu juga dibuat versi animenya, sepertinya seru!

Rin saat sudah dewasa, entah di sebelahnya itu siapa? Kouki mungkin?

Di bawah ini ada trailernya yang aku dapatkan dari YouTube yang telah diupload oleh DTryPleX.


Sanking kerennya anime ini karena ceritanya yang unik, bahkan sampai dibuat versi live action-nya. Di bawah ini aku punya trailernya yang diupload oleh Hazu Stark.


Untuk soundtrack, aku suka sekali dengan ending anime ini. Sebenarnya openingnya juga bagus sih, tapi lagu ending ini rasanya lebih menenangkan. Di bawah ini ada videonya kalau pangen dengerin, lagu yang dibawakan oleh Kasarinchu, diupload oleh deedlit3.
♪カサリンチュ — HIGH HIGH HIGH

Sampai pada bagian akhirnya, kesimpulannya anime ini keren banget. Untuk skala 1 sampai 10, aku akan memberikan nilai 9 untuk anime ini! Suka sekali! Bagus disaksikan untuk para calon orangtua. hehe Ceritanya benar-benar menggugah sekali, coba nonton dan kalian pasti mengerti apa yang aku katakan. :D



Setelah menyaksikan anime ini, aku jadi berpikir untuk mengadopsi anak juga, sepertinya asik. wkwk Apa lagi kalau anaknya manis seperti Rin. *efek terlalu menghayati cerita*

20 komentar:

  1. Anime bagus, keren, baru pertama kali nonton anime story nya kaya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi endingnya ternyata mengecewakan anime ini. :/

      Hapus
    2. Iya juga sih tapi saya ingin liat season2 nya kalau di buat mah

      Hapus
  2. 10/10 kalo buat Usagi Drop karena cocok banget buat siapapun, khususnya calon/udah jadi orangtua... tapi cuma animenya.
    Serius, jangan dilanjut sampe manganya tamat, dijamin runtuh semua yg udah ada di anime.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat, seperti menggambarkan kehidupan seorang ayah baru yang belum pengalaman. :D
      aku juga benar-benar kecewa setelah mengetahui ending-nya di manga.. X(

      Hapus
  3. Anime yg rekomended nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku setuju jika hanya sebatas 'anime'-nya.. ;)

      Hapus
  4. Ini satu-satunya anime yang menjadikan saya lebih menghormati dan menyayangi orang tua saya. Benar-benar karya yang luar biasa. Walaupun saya harus akui kalau ending di versi manganya benar-benar mengecewakan. T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, terlepas dari betapa buruknya ending anime ini, dan seperti sebuah fantasi gila dari pengarangnya, tapi dari anime ini kita melihat bagaimana orangtua berjuang untuk merawat hidupnya anaknya.

      Hapus
  5. jangan baca manganya !! sumpah!! jangan..
    klo ada yg terlanjur baca kgn lanjutin sampe ending! atau paing nggak jgn baca time skipnya
    HANCUR SEMUA perasaan yg dibangun di awal manga dan animenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebuah peringatan keras :D

      Hapus
    2. emag kenapa ending di manga nya

      Hapus
    3. rin nikah sama daichi plus rin minta cepet punya anak......... damn

      Hapus
  6. Nice review
    Ada refrensi manga / anime terbaik ttg bigbrother complex ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya tema ceritanya big brother complex gitu??

      Hapus
  7. setelah namatin serial animenya, akhirnya ane lanjut ke manganya..karna penasaran ama ending yg sering dibicarain orang2.
    Well,, mengenai endingnya sebenernya agak sedikit mengecewakan tapi juga memuaskan kalo menurut ane pribadi. dari sekian banyak fans usagi, banyak yg protes karna alur tema manganya berubah haluan (banyak yg menganggap kalo si daikichi ini lolicon). padahal diserial manganya, rin sendiri yg ngotot tetap ingin bersama daikichi.
    wajar aja kalo si rin jatuh hati ama si daikichi karna mulai rin umur 6th ampe gede, daikichi cuma berfokus membesarkan si rin, ampe si daikichi sendiri gak nikah2..
    dan Antara Daikichi ama rin, sama sekali ga ada hubungan darah..seinget ane ada di chapter 50-52 kalo gak salah,, ibunya rin ngejelasin kalo di rin sebenernya bukan anak Souichi (kakeknya daikichi), dianime nya juga ibunya rin gak pernah bahas soal ayah asli si rin.. jadi ya sah-sah aja tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, mereka memang tidak sedarah. tapi endingnya benar-benar 'beda' dan tidak terduga sebelumnya. rasanya aneh aja sih, tapi yah namanya cinta jadi apa boleh buat. Untuk sebagian orang itu mungkin fantasi tersendiri.

      Hapus
  8. Aku belum selesai nonton anime-nya tapi terlanjur baca spoiler di komentar. Yassalam :(

    BalasHapus
  9. padahal ibunya kouki oke juga, emang parah

    BalasHapus
  10. Anime end 10/10 manga end -0/10
    Lupain dah ane udh lama nnton ama baca usagi drop tapi baru dkasi tau jgn baca manganya, jadi penasaran kan liat review di MAL deh eh taunya kampret bener langsung apus anime, sama live actionnya trus cari anime genre serupa ketemu amaama to inazuma secara drama emng kalah ama usagi kalo buat heartwarming tapi kalo buat slice of life bisa nyaingin usagi. Nih ane kasi list buat yg baca manga dan kecewa. Amaama to inazuma, barakamon, non non byouri trus ada satu lagi kalo yg nyari drama keluarga akachan to boku.

    BalasHapus