Ini yang Membuatku Ragu dengan Hukum Kekekalan Massa

Apa kalian tahu tentang hukum kekekalan massa? Tentunya bagi kalian yang orang sains sudah tidak asing. Itu loh, hukum di mana “in = out”, artinya, jumlah massa pengeluaran itu tidak lebih dan tidak kurang dari jumlah massa yang masuk dengan syarat sistem berjalan secara tunak (tanpa akumulasi).

Nah, beberapa minggu yang lalu ada seorang teman di Teknik Kimia yang memosting gambar yang mengejutkan, membingungkan, ajaib dan aneh banget. Ini dia gambarnya.


Di situ diperlihatkan bagaimana terdapat satu potongan coklat bebas setelah pemotongan khusus pada batang coklat tapi tanpa merubah bentuk asli coklat setelah penyusunan sedemikian rupa.

Aku yang merasa penasaran pun akhirnya mencobanya sendiri. Tapi aku tidak menggunakan coklat karena aku tidak mempu mendapatkannya. Jadi aku buat saya bentuknya dari sebuah kertas dengan perbandingan ukuran yang sama dengan gambar di atas.


Kemudian aku memotongnya..



Menyusunnya..


Dan aku menemukan ini…



“WHAAAAT?!!! 何これ?!!!” itu teriakan pertama yang muncul di dalam hatiku setelah melihatnya. Apakah hukum kekekalan massa itu salah? Pastinya tidak mungkin. Aku pun langsung mengamati semua petaknya dengan seksama, dan aku akhirnya menyadari kalau ada ketidakcocokan bentuk di antara potongan, benar-benar tidak sesuai. Jadi aku menarik kesimpulan, kalau bagian yang lebih itu adalah bagian tengah yang terpotong secara tidak langsung.


Ternyata gambar temanku itu hanya tipuan, karena tidak menampilkan ketidaksesuaian potongannya.

Hah—ternyata aku benar-benar tertipu. Jadi aku harap kalian juga tidak. Hahaha Tapi aku yakin kalian pasti lebih pintar dari aku. Hehe

Cheerio!!!

2 komentar:

  1. hahaha...
    Awalnya tertipu juga sih..
    Kok bisa.. Ada sisanya begitu..
    Hmmm? trrnyata.. Itu hanya tipuan..
    Penipu yg pintar. Hehe

    BalasHapus
  2. makanya tuh, gambar awalnya itu yang benar-benar menipu,
    aku dikirimin sama temanku. kirain juga betulan. ckck

    BalasHapus