Salah Kaprah yang Memuakkan

Baiklah, aku sudah tidak tahan lagi. Yang akan aku tulis kali ini adalah hal sepele yang sering banget bikin aku kesal sendiri. Maksudku, ini adalah tentang tata bahasa Indonesia. Bagaimana bisa orang Indonesia, tapi tidak bisa menggunakan bahasa Indonesianya dengan baik dan benar?? Bagaimana bisa?! Malas belajar? Pasti. Malas membaca? Pasti.

Ini hanyalah tentang pemakaian bahasa “Silakan” dan “Silahkan”. Menurut kalian mana yang benar? Pasti sebagian besar orang Indonesia akan mengatakan bahwa yang benar adalah “Silahkan”. Bagi kalian yang menjawab itu, mari kita membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sejenak.



Nah, itu sudah jelas. Masih menggunakan kata “Silahkan”? Ah, sebaiknya kalian jangan pernah muncul di depanku dan temui guru bahasa Indonesia. Bukan bermaksud menggurui atau sok tahu, tapi gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita sebagai orang Indonesia juga harus bangga dengan bahasa negara kita sendiri. Mulailah memperbaiki republik ini, dimulai dari diri sendiri.


Cheerio!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar