Song of the Week: Aira Yuuki — Sekai no Namida

Dari dulu aku ingin sekali menulis tentang lagu yang sering banget aku dengerin selama seminggu. Dan akhirnya kali ini kesampaian untuk menulisnya. Untuk lagu perdana dalam edisi ini adalah lagu dari original soundtrack anime True Tears. Mungkin bagi kalian yang sudah menyaksikan animenya, pasti sudah tidak asing dengan lagu ini.

Lagu ini dinyanyikan oleh アイラ結城 (Aira Yuuki), seorang penyanyi yang sudah tidak asing lagi di dunia soundtrack anime. Berjudul Sekai no Namida (セカイノナミダ), artinya "air mata dunia". Tapi sampai sekarang aku tidak mengerti kenapa ditulis dengan huruf katakana dan bukannya dengan huruf kanji?? Mungkin mba Aira di sini mau memberi penekanan pada judulnya, entahlah. Dari judulnya lagu ini nampak sedih banget, padahal nadanya cukup asik. Harus aku akui, makna sih yang cukup menyentuh.

Di bawah ini aku ada mencoba menerjemahkan lagu ini menggunakan bahasa dan pengertianku sendiri, jadi maaf jika artinya cukup aneh. Aku belum mengujinya jika diartikan secara artian huruf kanjinya. Check these out!



-------------------------------------oOo-------------------------------------
Romaji

Kanawanai negaigoto moteamashite
Arukidasu kuchibiru utainagara

Nokosareta kimochi he to
Tsumetai ame furikakaru

Wasuretai to wasurenai to
Yurayura mawarinagara
Shizumu kokoro waza to kimi ni
I'M TELLING A LIE

Katachi no nai futari dakara koso
Daiji ni shita noni
Kikitai...
Ima koko de nani mo ka mo hanashitara
Kawaru no desu ka?

Kikiakita ii wake wo shinjiru nara
Atarashii nani ka wo yakusoku shite

Saki wo yuku senaka ni ha
Sasayaitemo todokanai

Oshiyou ka oshienai yo
Sarasara kami ga haneru
Himitsu dakedo itsuka kimi ni
I'LL PRESET MY LOVE

Kienai ai dakedo mada mune ni
Shimatteokou ne
Sore demo...
Ookikute kowaresou
Watashi ni ha motenai kurai
Setsunasa hakarenai hodo

Kienai ai dakedo mada mune ni
Shimatteokou ne
Sore demo...
Ookiku osoraku naru
Tokimeki ga...
Katachi no nai futari dakara koso
Daiji ni shita noni
Kikitai...
Ima koko de nani mo ka mo hanashitara
Kawaru no desu ka?

---------------------------------------------------------------------------------------------
Indonesia Translate

Harapan yang aku simpan belum juga menjadi nyata
Jadi aku mulai melangkah sambil bernyanyi

Untuk semua perasaan yang tertinggal
Hujan nan dingin terus membasahinya

"Aku ingin melupakan", "Aku tidak ingin melupakan"
Aku berpura-pura seperti aku dengan sengaja menanyakan
kesedihan hatiku tentangmu.
I'm telling a lie

Untuk sebuah alasan, tidak ada "kita"
Walaupun begitu kita tetap menjalaninya bersama
Aku ingin bertanya...
Jika kita membicarakan segalanya sekarang,
akankah ini semua akan berubah?

Semenjak aku percaya bahwa kau lelah dengan semua alasan,
Mari membuat janji baru tentang segalanya

Meskipun jika aku tetap mencoba untuk berbisik pada bayangmu yang kian menjauh,
Semua tidak akan pernah menggapaimu

"Maukah kau mengajariku?" "Kau tidak ingin mengajariku..."
Rambut lembutku berombak di dalam angin
Bagaimanapun, rahasiaku suatu saat akan sampai kepadamu
I'll present my love

Meskipun cinta ini tidak akan lenyap dari hatiku,
dengan sesal kau tinggalkan di sini.
Tapi...
Ini cukup besar untuk menghancurkanku,
Jadi lebih baik aku tidak memiliki
perasaan sakit tak terbendung ini

Cinta ini tidak akan hilang dari dalam hatiku,
dengan sesal kau tinggalkan di sini.
Bagaimanapun...
Ini menjadi begitu besar dan menakutkan
membuat jantungku berdegup kencang.
Untuk sebuah alasan, tidak ada "kita"
Walaupun begitu kita tetap menjalaninya bersama.
Aku ingin bertanya...
Jika kita membicarakan segalanya saat ini,
akan kah ini semua akan berubah?
-------------------------------------oOo-------------------------------------

Ya, kurang lebih seperti itulah arti dari lagu ini, jadi kalau mendengarkan jangan sok bingung dan gak ngerti bahasa Jepang, soalnya lagu ini asik banget loh. Aku tidak bisa menemukan klipnya mba Aira untuk lagu yang satu ini, jadi di bawah ini aku sematkan saja versi soundtrack animenya. Klipnya lucu, versi chibi dari semua tokoh True Tears, Noe makin terlihat カワイイ!!!


Sebelum memilih lagu ini sebagai song of the week-ku, aku sempat mempertimbangkan soundtrack True Tears yang lain, yaitu satu lagu dari eufonius, berjudul Reflectia (リフレクティア). Tapi, setelah melihat maknanya, sepertinya lagu satu ini lebih ngena di hati.

"Jadi, akan kah dengan membicarakan semuanya, semua ini akan berubah?"

haha
Makna itu yang tertanam dalam padaku. Lagu ini luar biasaaa!

Sekian dulu untuk postingan perdana edisi song of the week, sampai jumpa lagi!
Semoga bermanfaat, maaf jika masih banyak kekurangan dalam menerjemahkan, jadinya jelek banget sumpah. Maybe next time...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar