Tips Menghemat Baterai (Android)


Yellow, readers!!

Kali ini aku akan berbagi tips menghebat baterai untuk HP Android alaku sendiri. Mungkin ini bukan cara yang biasa orang lain lakukan, tapi aku suka melakukan sesuatu dengan caraku sendiri.

Untuk HP Android, khususnya untuk Android ICS (Ice Cream Sandwich) ke atas, memang sudah menyediakan fitur penghemat daya. Tapi jujur aja aku tidak menyukai fitur ini karena mengurangi peforma Android ke tingkat yang menyedihkan, HP pun kemudian menjadi LoLa (loading lambat). Meskipun yah~ memang sih hemat baterai. ε=( ̄。 ̄;) Tapi bagi kalian yang suka dengan HP yang lemot, sebaiknya tidak usah melanjutkan baca artikel ini.


Ok, ini hal yang pertama aku lakukan untuk menghemat baterai dengan caraku adalah mematikan fitur penghemat daya.

Kemudian, aku akan menurunkan tingkat kecerahan layar hingga ke tingkat yang paling rendah. Khusus untuk HP dengan pendeteksi kecerahan sekitar, sebaiknya matikan juga fitur deteksi cahaya sekitar. Untuk awalnya memang mungkin mata agak tidak terbiasa dengan cahaya layar yang redup, namun aku yakin setelah beberapa minggu mata kalian akan benar-benar terbiasa. Seperti kata band Aqua Timez dari Jepang, kan lebih baik membiasakan mata jika galap daripada terlalu nyaman bersama cahaya kemudian buta saat gelap.

Langkah berikutnya adalah menghapus semua aplikasi background gak berguna. Aplikasi background jelek inilah yang selalu gerogoti baterai kemudian juga bisa membuat HP jadi lola. Hapus semua aplikasi background kecuali yang benar-benar dibutuhkan aja, misalnya alat komunikasi yang paling sering digunakan (misalnya LINE). Sisanya.. Hapuuus!!

Berikutnya adalah pilihlah social media yang benar-benar dibutuhkan saja. Banyaknya memakai social media kaya orang alay, membuat HP jadi bekerja ekstra. Jadi kalau saranku sih pilih saja beberapa social media yang sekiranya di butuhkan saja dan paling bayak terdapat pengguna yang anda kenal. Karena social media juga kan tergolong aplikasi background (berjalan dibalik layar).

Terakhir, gunakanlah jaringan Edge (2G) untuk kegiatan sehari-hari (misalnya chat ato update status gitu), dan gunakan jaringan 3G ke atas hanya untuk keperluan seperti download & update software. Lebih bagus lagi jika kalian menggunakan Wi-Fi untuk urusan update software (untuk keamanan). Jaringan edge benar-benar bisa menghemat banyak baterai karena ringan banget. Apalagi untuk daerah terpencil.

Tips berikutnya mungkin hanya hal biasanya, seperti mengurangi waktu nyala layar. Karena jika layar nyala kelamaan tanpa dipake, buang-buag energi. Juga mematikan jaringan (memakai mode pesawat terbang di tempat yang sangat susah sinyal).

Demikian tips menghemat baterai Android dariku, kurangnya saya mohon maaf, saya juga masih dalam tahap untuk mendalami Android.

Semoga bermanfaat!

See ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar