Dari Mana Datangnya Inspirasi


Inspirasi, adalah sesuatu yang terkadang dibutuhkan oleh setiap manusia dalam berkarya. Eh, tidak selalu untuk berkarya juga sih, kadang juga bisa sebagai gagasan awal suatu pekerjaan. Entah bagaimana dengan kalian, tapi aku sering sekali mengalami saat ide tidak ada di dalam kepalaku. Itu salah satu hal menyebalkan, terlebih saat kita sangat membutuhkannya dan waktu yang dimiliki sangatlah mepet.

Hari ini aku mau berbagi sedikit pengalaman yang sudah aku dapatkan tentang bagaimana caranya aku mendapatkan ide kembali. Ehem, ini mungkin akan menyesatkan jalan kalian terhadap pikiran, jadi aku sarankan segera berhenti membaca ini. HAHA


Baiklah, kita mulai. Saat tidak punya ide, itu membuatku mendapatkan ide untuk kembali mendapatkan ideku yang telah hilang dengan ide baru yang aku dapatkan (*^^!*^%^%^#%!$*!^*#*!#!^!#! syntax error 404). Ehem, itu rumit. Yah, semua yang berhubungan dengan pikiran terkadang memang menjadi rumit.

Aku jadi percaya, kalau ide itu tidak didapatkan begitu saja, mungkin seseorang bisa saja sih langsung dapatkan bagaikan dapat wangsit gitu, tapi itu biasanya tidak berlaku jika dalam keadaan terdesak. Aku percaya kalau ide itu didapatkan melalui pengalaman yang sudah seorang manusia alami. Kemudian setelah pengalaman itu otak kemudian mengolahnya menjadi sesuatu yang mungkin lebih kreatif. Sudah menjadi sifat bawaan lahir manusia untuk mencari sesuatu yang lebih baik bagi hidupnya, semacam evolusi gitu kaya Digimon.

Sebelumnya, begini aja ya, inspirasi adalah sesuatu yang terjadi sebelum ide. Ya, kira-kira seperti itu, biar kita tidak salah paham dalam pembahasan ini. Yang bisa dilakukan untuk mendapatkan inspirasi disaat otak butek antara lain: refreshing dan melihat dunia. Sederhana.

Refreshing... Tidak bisa dipungkiri bahwa otak juga kan punya batasan, sama seperti manusia tidak ada yang sempurna. Jika dipaksakan untuk terus bekerja, akhirnya yang terjadi adalah jenuh, saat jenuh inilah ide menghilang dari kepala. Hal yang terjadi berikutnya adalah kepala dipenuhi dengan hal-hal yang membosankan dan itu-itu aja.

Terakhir, melihat dunia... Ini sederhana, untuk dapatkan inspirasi terkadang kita hanya perlu membuka mata (mata sungguhan yang dikepala dan juga mata hati). Dunia ini, em atau mungkin semesta ini adalah seluruh ide yang bisa kita dapatkan. Bisa dibayangkan betapa luasnya. Tapi setiap orang memiliki daya tangkap yang berbeda memang tentang dunia, aku tidak bisa pungkiri itu.

Melakukan hal yang menyenangkan bersama orang yang kita cinta menurutku juga bisa mejadi ladang inspirasi yang baik untuk kita. Intinya, kembalikan dulu warna yang ada di dalam kepala yang telah menjadi abu-abu jika ingin mendapatkan ide yang cemerlang. Kebahagiaan... sumber inspirasi terbesar.

Terakhir deh ini.... TERSENYUMLAH! bisa juga senyuman anda mungkin akan menjadi inspirasi bagi orang lain hari ini meski tanpa anda sadari. :)

Sekian dulu untuk kali ini. Maaf kalau gak jelas, karena aku juga bingung gimana seharusnya menulis ini biar nampak keren. hehe Semoga manfaat!

Cheerio!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar