Tom and Jerry Classic (Part 1)


Sudah bertahun-tahun lamanya semenjak pertama kali aku menyaksikan sebuah serial kartun kocak dengan karakter utama seekor kucing berwarna biru dan seekor tikus berwarna coklat. Mereka adalah Tom dan Jerry. Salah satu serial kartun terbaik sepanjang masa yang begitu legendaris. Ini kartun pendek, tiap episodenya biasanya berdurasi sekitar 10 menit. Serial kartun ini dibuat oleh 2 orang animator hebat, William Hanna dan Joseph Barbera pada tahun 1940. Kartun legendaris ini memenangi 10 Academy Awards untuk Animated Short Film, luar biasa!


Aku cukup sedih mengetahui kalau kartun ini sudah jarang sekali diputar di TV Indonesia, entah karena pelarangan KPI atau cuma karena tidak ada stasiun yang mau menayangkan karena Tom dan Jerry bukan manusia jadi-jadian.

Untuk kalian yang kangen dengan serial kartun klasik satu ini atau sekedar ingin mengoleksinya, silakan kalian bisa men-download-nya di link di bawah ini. Untuk minggu ini aku baru upload 10 episode awalnya dulu, 10 episode berikutnya minggu depan dan begitu seterusnya.



DOWNLOAD

Password

Berikut ini ada sedikit sinopsis dan juga trivia untuk setiap episodenya.

Episode 001 - Puss Gets the Boot
Tayang perdana tahun 1939


Terlalu banyak bermain-main dengan Jerry membuat Tom memecahkan sebuah keramik di rumah majikannya. Hal itu nyaris saja membuat Tom dikeluarkan dari rumah, tapi dia masih mendapatkan sekali lagi agar tidak memecahkan barang-barang. Jerry yang mengetahui itu jadi memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mengerjai Tom dengan memecahkan barang sebagai ancamannya. Taktik Jerry berhasil dan Tom pun akhirnya di depak keluar oleh majikannya.

Ini adalah episode debut dari Tom and Jerry. Masih diproduseri oleh Rudolf Ising. Gambarnya benar-benar klasik banget dan masih kasar. Tom nampak rembes banget di sini. Oh iya, di episode debut ini, nama mereka bukanlah Tom and Jerry, melainkan Jasper (Tom) dan Jinx (Jerry).

Episode 002 - Midnight Snack
Tayang perdana tahun 1941


Niat awalnya Tom ingin menghentikan Jerry yang ingin mencuri makanan dari kulkas. Tapi Tom malah tergoda dengan makanan-makanan yang ada dalam kulkas dan memakan beberapa di antara. Hal itu membuat Tom lupa diri dan tanpa sengaja melempar keju hingga memecahkan kaca lemari. Tidak bertanggungjawab Tom malah menuduhkan kesalahannya pada Jerry saat majikannya datang. Pada akhirnya Jerry bisa membalas Tom dan majikannya pun mendapati Tom berada di dalam kulkas dengan semua makanan dan isi dapur yang berantakan.

Di episode ini banyak perubahan dari episode debutnya. Produsernya pun udah ganti menjadi Fred Quimby dan nama mereka resmi jadi Tom dan Jerry. Kali ini gambarnya lebih bagus. Jerry sudah bagus, tapi Tom masih jelek karena ditambahin alis.

Episode 003 - Night Before Christmas
Tahun tayang perdana 1941


Episode spesial memperingati natal. Ceritanya adalah bagaimana Jerry menikmati malam natal dengan seluruh mainan-mainan hiasan natal. Keasikan bermain, Jerry malah membangunkan Tom. Kejar-kejaran terjadi, Jerry kemudian malah terkunci di luar rumah dan beku. Tom yang awalnya tidak peduli akhirnya datang menyelamatkan Jerry yang sudah menjadi es. Malam natal akhirnya mereka habiskan dengan damai berdua.

Ini adalah salah satu episode yang menharukan. Dulu aku suka banget sama episode yang ini, khususnya saat Jerry naik kereta api mini, semasa kecil dulu rasanya aku pengen bikin begitu juga. hehe Ini juga salah satu ending di mana mereka berdua akhirnya berdamai.

Episode 004 - Fraidy Cat
Tahun tayang perdana 1941


Di malam hari yang sunyi, Tom sedang mendengarkan cerita horor di radio dan kemududian menjadi paranoid karenanya. Jerry yang juga diam-diam mendengarkan memanfaatkan ketakutan Tom tersebut untuk mengerjainya. Cara itu cukup berhasil membuat Tom ketakutan. Hingga semua berakhir menjadikan mereka berdua korban dari ketakutan itu sendiri. 

Di episode ini Tom masih saja memiliki alis.


Episode 005 - Dog Trouble
Tahun tayang perdana 1942


Tom dan Jerry sedang asik kejar-kejaran hingga tidak sengaja membangunkan seekor bulldog yang sedang tidur. Bulldog galak itu awalnya hanya mengejar Tom namun ternyata Jerry juga menjadi korban pengejarannya. Tom dan Jerry pun akhirnya tidak bisa menginjakkan kaki mereka di lantai. Mereka pun bekerja sama untuk mengerjai bulldog galak tersebut hingga berhasil membuatnya diusir majikan keluar rumah. Mereka yang awalnya sudah akrab saat bersama mengerjai, malah akhirnya musuhan lagi gara-gara Tom salah paham ketika kena jebakan tikus.

Ini adalah episode pertama Spike melakukan debutnya. Tapi di sini dia masih berupa anjing yang liar.

Episode 006 - Puss 'n Toots
Tayang perdana tahun 1942


Ada kucing betina milik teman dari pemilik rumah yang dititipkan di tempat Tom dan Jerry tinggal. Tom yang langsung jatuh cinta sejak pertama kali melihatnya pun langsung mencoba banyak cara untuk mendapatkan perhatian betina itu. Hingga akhirnya Jerry dijadikan bahan pertunjukkan oleh Tom. Namun semakin lama akhirnya Jerry bisa meloloskan diri dan membalas perbuatan Tom di pemutar piringan hitam.

Satu lagi karakter baru yang ditampilkan, nama kucing betina itu ternyata adalah Toots. Setelah bertahun-tahun akhirnya aku tahu juga namanya. Episode ini Jerry mengajarkan kepada kita bahwa untuk mendekati cewe itu langsung bertindak, gak usah banyak pamer gaya kaya Tom. haha

Episode 007 - The Bowling Alley-Cat
Tayang perdana tahun 1942


Di episode ini Tom dan Jerry sedang berada di tempat bermain bowling. Jerry yang sedang asik bermain selancar di arena bowling malah diganggu oleh Tom. Mereka berdua malah jadi asik bermain bowling dengan cara yang aneh.

Episode 008 - Fine Feathered Friend
Tayang perdana tahun 1942


Jerry mendapatkan teman baru di peternakan yaitu seekor ayam betina yang begitu melindungi anaknya. Untuk melindungi diri dari kejaran Tom, Jerry menyamar menjadi salah satu anak ayam betina tersebut. Tom pun mendapatkan kesulitan saat ingin menyerang Jerry karena serangannya selalu mengenai ayam itu kalau tidak malah berbalik mengenainya.

Di sini gambar ayamnya masih kurang begitu bagus.

Episode 009 - Sufferin' Cats!
Tayang perdana tahun 1942


Tom mendapatkan musuh baru dalam pengejaran Jerry, seekor kucing liar yang secara tidak sengaja juga melihat Jerry. Tom jadi semakin sulit mendapatkan Jerry disaat yang bersamaan juga harus bersaing dengan kucing coklat itu. Namun karena merasa kewalahan menghadapi Jerry, mereka berdua pun akhirnya kerja sama untuk dapatkan Jerry. Tapi Jerry malah menjadikan itu untuk mengadu domba mereka berdua dan akhirnya bisa puas mengerjai mereka.

Nama kucing coklat berambut merah di episode ini adalah Meathead. Dia adalah karakter kucing pertama yang muncul setelah Tom di serial ini.

Episode 010 - The Lonesome Mouse
Tayang perdana tahun 1943


Tom mendapatkan akibat dari keusilan Jerry. Dia di tendang keluar oleh majikannya. Hal itu membuat Jerry bebas menguasi rumah. Awalnya Jerry pikir itu akan menyenangkan namun pada akhirnya dia bosan dan kesepian dan kehadiran Tom. Jerry pun membuat skenario agar Tom bisa kembali ke dalam rumah.

Di episode ini tiba-tiba aja Tom dan Jerry jadi bisa berbicara, padahal sebelumnya mereka diam-diam aja.

Ok, sekian dulu untuk kali ini. Kesimpulan untuk part 1 ini adalah ternyata Tom and Jerry ada bahkan sebelum Indonesia merdeka. haha

Sampai berjumpa minggu depan untuk episode lanjutannya! X)

Cheerio!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar