Windows 10 Baru Yang Aku Suka


Secara mengejutkan, tiba-tiba saja Windows 10 yang sedang aku gunakan melakukan update dan saat aku ingin mematikannya tiba-tiba ada indikator proses sedang update. Terkejut sekali ketika itu, akan kah Windows 10 akan menjadi sesuatu yang lebih aneh lagi dari biasanya, ternyata tidak. Aku rasa itu adalah update OS Windows terbaik yang pernah aku lakukan.

Secara garis besar mungkin tidak akan terlihat nih perbedaan antara Windows 10 yang lama dan Windows 10 yang baru, tapi jika diperhatikan lebih dekat, maka kamu akan sadar kalau pihak Microsoft sudah memperbaiki beberapa hal yang sebelumnya menjadi kekurangan yang tidak mengenakkan. Aku tidak bisa menyebutkannya satu-satu juga, karena itu pastinya bisa dengan mudah kalian cari di Google, di sini aku hanya menuliskan beberapa hal yang menurutku sudah bagus.

1. Log In Background

Berbeda dengan Windows 10 yang lama, di mana saat baru menyalakan komputer kita akan disajikan dengan gambar membosankan jendela dengan cahaya biru melewatinya, di Windows 10 yang baru ini akhirnya gambar menyebalkan itu bisa disingkirkan dan diganti dengan gambar yang kita suka. Ada juga pilihan agar gambar backgroundnya update sendiri tentunya dengan koneksi dari internet. Kalau aku pribadi sih memilih untuk ganti sendiri, karena terkadang kalau otomatis, gambar yang disajikan terlalu random.


2. Movie & TV

Setelah menjadi aplikasi yang cukup lama tidak berguna di dalam Windows, akhirnya aplikasi player bawaan semacam ini di-update dan menjadi lebih keren serta mampu putar banyak format. Biasanya dulu kalau mau putar film di Windows kudu instal aplikasi pihak ke-3 semacam VLC atau Media Player Classic gitu, tapi sekarang kalian bisa ucapkan perpisahan pada semua aplikasi itu broh, bawaan Windows sudah keren, meskipun masih kurang beberapa fitur, tapi intinya dah bisa muter film sama edit subtitle.

3. Lebih Berwarna

Salah satu yang aku suka nih dari update terbaru, akhirnya Microsoft sudi tuh menambahkan sedikit warna tambahan untuk setiap Window yang terbuka. Suka sekali. Tidak seperti versi sebelumnya yang hanya menampilkan warna putih polos, yang bagiku secara pribadi agak menyilaukan. Sekarang mataku bisa merasa sedikit lebih nyaman dengan tambahan aksen warna ini.

4. Notifikasi Sudah Lebih Jelas

Nah, ini dia salah satu update yang aku rasa sangat tepat. Akhirnya notifikasi diperbaiki dan diberikan tempat sendiri dipojokan. Sekarang kan jadi jelas di mana notifikasi berada. Ketimbang dulu, sulit sekali membedakan tombol notifikasi yang membaur bersama tombol lain di taskbar. Kerennya lagi, sekarang notifikasi bisa menunjukkan angka berapa notifikasi yang ada di sana. Bravo!

5. Kembalinya Sticky Notes

ALHAMDULILLAH! Yeah, akhirnya Sticky Notes kembali setelah sempat hilang di versi sebelumnya. Sangat disayangkan fitur ini sempat hilang, padahal aplikasi ini berguna sekali, khususnya untuk orang pelupa sepertiku, juga bagus untuk program pengurangan penggunaan kertas ketimbang menggunakan kertas asli sebagai Sticky Notes kemudian ditempel di layar komputer gitu, cih.

6. Menu All Apps Jadi Mudah di Akses

Kalau dalam versi sebelumnya kita masih harus meng-klik tombol 'all apps' untuk melihat semua aplikasi yang terinstal, tapi sekarang lebih mudah karena All Apps sudah tersemat disamping start menu. Menurutku ini lebih efisien, jadi tidak harus repot-repot klik klik lagi, berhubung tombol di start menu nih kecil kecil, jadi merepotkan.

Itu dia, update-update di Windows 10 terbaru yang bagiku pribadi sih berkesan. Ada juga beberapa update kecil yang tidak ingin aku bahan karena tidak begitu spesial karena hanya mengulang beberapa fitur yang dihilangkan pada versi sebelumnya, beberapa fitur yang dulu ada juga di Windows 7. Aku pribadi sih tidak pernah sama sekali menggunakan Windows 8, OS yang menurutku paling sia-sia di semua perangkat yang aku punya, jadi tidak tahu apa saja fitur yang dibawa dari sana.

Bagi kalian yang sudah menggunakan Windows 10, segera aja hubungkan perangkat kalian ke internet dan dapatkan update yang menguntungkan ini. Dijamin tidak akan rugi, karena you have nothing to lose except your internet quota of course.

Sekian, sampai jumpa di postingan berikutnya, bye bye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar