Book Review: Love Your Body, Love Your Life


Halo, semua, apa kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja. Kalaupun sekarang sedang merasa sedang tidak sehat, tenang saja karena tulisanku kali ini adalah tentang kesehatan tentunya.


Jadi mulai saat ini aku akan mulai sedikit-sedikit meresensi beberapa buku yang akhir-akhir ini mulai aku baca. Sebenarnya aku bukanlah orang yang begitu gila dengan membaca buku, tapi aku mulai membiasakan diri untuk memulai sebuah kebiasaan baik, yaitu membaca buku. Aku rasa tidak ada salahnya. Dan aku rasa, untuk menjadikan membaca buku itu lebih berfaedah, aku akan menulis beberapa poin penting yang ada di dalam buku yang siapa tau bisa berguna untuk orang di luar sana, khususnya untuk orang yang tidak membaca buku seperti yang aku lakukan.

Oke, buku pertama yang akan aku resensi kali ini adalah buku tentang kesehatan yang bisa dikatakan mungkin adalah buku untuk anak-anak. Karena berisi lebih banyak gambar ketimbang tulisannya. Jadi cocok banget untuk aku yang seorang pembaca pemula ini. Meskipun begitu, buku ini benar-benar berhasil merangkum beberapa hal rumit tentang kesehatan manusia ke dalam sebuah buku gambar berwarna yang menyenangkan untuk diikuti. Dan seperti salah satu testimoni orang yang sudah membaca buku ini, tanpa terasa saat membacanya, kita sudah mencapai bagian akhirnya.

Dalam buku ini dibagi tentang rumus untuk tetap sehat, yaitu:

5 Rajin + 1 Cukup = SEHAT

Sederhana ya? Mungkin rumus yang ingin menyaingi sebuah rumus klasik yang dikenal semua anak di Indonesia, yaitu 4 sehat 5 sempurna. Apa saja yang termasuk dalam 5 rajin + 1 cukup itu? Itu adalah;


1. Rajin mengucap syukur kepada Sang Pencipta
2. Rajin olahraga pagi hari
3. Rajin minum air putih
4. Rajin makan buah dan sayur
5. Rajin tersenyum
6. Cukup istirahat

Nah, itu dia rumus yang harus kalian terapkan untuk terus sehat, khususnya untuk yang hidup di perkotaan ini, bagus banget untuk menerapkan gaya hidup ini agar selalu sehat. Oke, kita akan bahas satu persatu.

1. Rajin mengucap syukur.
Apa hubungannya syukur dengan kesehatan? Lalu berada diurutan pertama pula. Jadi begini, ternyata hati yang damai & tenang adalah kunci menjaga kesehatan anda. Dan salah satu cara untuk menjadi kedamaian dan ketenangan itu adalah selalu bersyukur. Karena apa pun yang terjadi dalam hidup itu, sesungguhnya sudah ditakdirkan oleh Allah subhanallahuwwata’ala. Seburuk apa pun keadaannya pun harus tetap disyukuri, karena pasti ada hikmah dibalik setiap kejadian, jika direnungi. Aku jadi teringat oleh Ust. Adi Hidayat, yang mengatakan bahwa bahkan dengan lapar aja kita pun harus bersyukur, karena dengan laparlah kita bisa merasakan nikmatnya makan, dengan hauslah kita bisa merasakan nikmatnya minum.

Jadi untuk setiap kejadian di hidupmu, jangan lupakan untuk bersyukur, jangan lupa untuk senantiasa mengucapkan “Alhamdulillah”. Dengan begitu hati akan tenang dan tubuh pun menjadi lebih kuat. Kadang kita bisa lihat kan? Kalau orang yang sutres itu rentan akan sakit. Jadi jangan bebani hidup kalian dengan keluhan dan ubah semuanya dengan syukur.

2. Rajin olahraga pagi
Aku rasa untuk yang ini jelas sih alasannya. Olahraga pagi pun tak perlu lama (jika memang kemalasan sudah menguasaimu), cukup sisihkan waktu 20-30 menit kalian di pagi hari untuk olahraga, kira-kira 2-3 kali seminggu. Kalau sampai malas juga sungguh keterlaluan.

Dalam buku ini juga dikatakan kalau sangat tidak dianjurkan untuk olahraga di malam hari karena kandungann oksigen yang sedikit dibanding pagi hari, dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

Bukan kesehatan yang didapatkan dari olahraga yang berlebihan, melainkan masalah. Oleh karena itu, jangan terlalu memaksakan tubuh untuk olahraga terlalu berat. Disarankan untuk olahraga dari jam 06.00-08.00, setelah sholat shubuh tuh, makanya pas adzan shubuh sebaiknya bangun dah, setelah itu olahraga. Udah dapat pahala, dapat sehat pula. Kenapa jam segitu? Karena pada jam segitu tuh matahari masih mengandung sinar inframerah yang bagus untuk mengurangi lemak dan thrombus.

Saat olahraga pagi, hiruplah oksigen sebanyak-banyaknya, karena banyak manfaat dari itu, antara lain:
a. Oksigen diperlukan dalam sistem pernafasan
b. Membantu fungsi sel-sel tubuh manusia
c. Mencegah pertumbuhan sel anaerob
d. Membantu sistem peredaran darah
e. Mengoptimalkan daya ingat
f. Mencegaj kanker, asma dan penyakit lainnya
g. Menjaga kekebalan tubuh
h. Membantu degenerasi sel secara biologi
i. Menyediakan tenaga bagi tubuh
j. Sebagai terapi penyakit

3. Rajin minum air putih
Nah, yang ketiga ini pun terdengar simple, padahal sebenarnya manfaatnya banyak loh, antara lain;
a. Membentuk saliva (air liur) untuk proses pencernaan
b. Menjaga kelembapan selaput mukosa
c. Memungkinkan sel-sel tubuh untuk tumbuh, berkembang biak dan bertahan hidup
d. Membuang limbah dari tubuh, terutama pada saluran kencing
e. Pelumas sendi-sendi
f. Memproduksi hormon dan neutransmitter (bahan kimia dalam syarat untuk mengirimkan informasi dari atau antara sel-sel saraf)
g. Mengatur suhu tubuh
h. Mengubah makanan menjadi komponen yang diperlukan untuk bertahan hidup
i. Membantu mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh

4. Rajin makan buah dan sayur
Buah dan sayur adalah gudang vitamin dan mineral. Manfaat;
a. Memenuhi kebutuhan serat
b. Untuk menangkal penyakit

5. Rajin tersenyum
Ini nih, perbuatan yang tidak memerlukan banyak tenaga tapi menfaatnya besar. Senyum atau tawa adalah ekspresi kegembiraan atau kebahagiaan seseorang. Jika hati senang, maka stres berkurang. Bahkan senyuman palsu sekalipun (yang keluarkan saat kalian berada pada situasi dimana tidak ingin menunjukkan perasaan kepada orang lain) bisa memperbaiki suasana hati yang kalut. Manfaatnya antara lain;
a. Memperlambat kerja jantung, sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras
b. Mengurangi stres karena tubuh mengeluarkan endorphin
c. Meningkatkan produktivitas
d. Obat awet muda
e. Berumur panjang

6. Cukup istirahat
Rumusan terakhir agar bisa segat adalah cukup istirahat, karena kurang istirahat menyebabkan mengantuk dan mengantuk menyebabkan otak kehilangan kemampuan untuk bereaksi terhadap situasi. Ada beberapa strategi untuk mendapatkan istirahat yang cukup ini, antara lain:
a. Disiplin tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari
b. Pada saat akan tidur, padamkan semua sumber cahaya (lampu, TV, HP, atau layar monitor)
c. Jangan berolahraga sebelum tidur
d. Hindari makan berat dan/atau besar dalam beberapa jam sebelum tidur
e. Hindari minuman beralkohol sebelum tidur
f. Hindari nikotin dan kafein
g. Aktif olahraga ringan di pagi hari
h. Mandi air hangat / menggunakan teknik relaksasi sebelum tidur

Jadi mulai saat ini, cukupkan istirahat kalian ya. Rasullullah bersabda yang artinya;
“Puasalah dan berbukalah. Bangun malamlah dan tidurlah. Karena sesungguhnya badanmu itu mempunyai hak atasmu, matamu itu mempunyai hak atasmu, istrimu mempunyai hak atasmu, tamumu mempunyai hak atasmu.” (HR. Bukhari)

Demikian penjelasan panjang lebar tentang rumus sehatnya. Coba deh kalian terapkan dalam kehidupan kalian dan rasakan sendiri manfaatnya. Semuanya aku rasa tidak ada yang mustahil untuk dilakukan, dan tidak ada yang begitu sulit, begitu sederhana, namun manfaatnya luar biasa!

Itu dulu untuk tulisan resensi kali ini, nanti kita berjumpa lagi ditulisan berikutnya.

Cheerio!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gambaran Untuk Mengenal Diri Sendiri

Baru-baru ini teman-teman di tempat kerja sedang banyak yang mencoba untuk tes di sebuah website yang masih asing untukku, uji untuk meng...