Jumat, 22 Februari 2019

Cara Mengatasi Tombol CorelDraw Yang Hilang


Apa kamu mengalaminya juga? Setelah instal CorelDraw di Windows 10 dan kalian menemukan ada icon yang hilang / berubah menjadi kotak kotak di dalam aplikasinya? Maka kalian mengalami masalah sama seperti yang aku alami. Sudah bertahun-tahun aku hidup dengan masalah ini tanpa tahu penyebab pastinya. Aku kira ini ada hubungannya dengan file instalasi yang eror atau sebagainya, tapi anehnya saat file instalasi aku coba untuk instal di operasi sistem Windows 7 atau Windows 10 yang versi upgrade masalah ini tidak muncul. Ini tidak mengurasi performa dari  CorelDraw sih, tapi jelas cukup mengganggu pemandangan dari tampilan aplikasinya, apa lagi jika kalian adalah seorang perfeksionis sepertiku.

Mencoba mencari solusinya di internet, dan yang aku temukan kebanyakan itu penyelesaian masalah dari thumbnail file aplikasi CorelDraw (CDR) yang tidak menampilkan preview mini. Tapi jika kalian masih mengalami masalah ini dan tidak mengetahui solusinya, kalian bisa komen di bawah, aku akan berikan tutorialnya lain waktu.


Ok, kembali ke masalah, ikon yang hilang itu tanda x, centrang dan tanda plus (+). Akhirnya aku menemukan sebuah forum yang tepat untuk menyelesaikan masalah missing icon di aplikasi CorelDraw ini. Ternyata masalahnya cukup sederhana, hanya karena ada font yang eror / mungkin tidak support di Windows 10, font tersebut adalah Segoe UI Symbol. Font yang namanya kaya bahasa Jawa ini memberikan bug yang cukup mengganggu, gak cuma untuk aplikasi CorelDraw, bahkan untuk Windows 10-nya sendiri (satu kasus aku pernah temukan tombol centrang di pemilihan aplikasi default Windows 10 berubah jadi kotak juga).

Jadi untuk mengatasi masalah tombol / ikon hilang ini cukup sederhana, kamu cukup download font Segoe UI Symbol (liknya-nya aku sertakan di bawah) yang sudah aku sediakan, terus kalian copy aja hasil download-annya, terus paste ke folder font: (C:\Users\(user name)\AppData\Local\Microsoft\Windows\Fonts), replace aja font Segoe UI Symbol lama kalian dengan yang terbaru yang aku berikan ini.

Cukup mudah kan? Dan aku rasa solusi ini juga bisa kalian gunakan untuk masalah yang sejenis, jika kalian punya aplikasi, terus tombol-tombolnya atau hurufnya ada yang berubah jadi kotak-kotak. Kalian hanya perlu mencari tahu apa nama font yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Untuk cek kalian bisa coba memperbaiki/update font; Arial, Segoe (font family), Wingding, Webding, atau mungkin kalian tahu font-font simbol standar yang lain, kalian bisa berbagi dengan menuliskannya di komen.

Semoga itu bisa mengatasi masalah kalian.

Sekian dulu, semoga bermanfaat. Untuk lebih jelasnya bisa langsung saksikan video tutorialnya. Ok? Cheerio!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerpen: Rasi Bintang

Pandangan Rasi tak lepas dari sosok ganjil yang duduk di depannya. Ia merasa aneh, bagaimana bisa ada lelaki berambut gondrong yang ber...