App Review : Umma - Komunitas & Gaya Hidup Muslim


Assalamualaikum,

Halo semua. Pada hari ini, aku mau me-review sekaligus merekomendasikan 1 aplikasi yang keren banget. Aku begitu excited dengan aplikasi ini, begitu mencobanya aku merasa ingin segera membuat review-nya dan memberitahu banyak orang tentangnya.

Aplikasi tersebut adalah Umma : Komunitas & Gaya Hidup Muslim. Yap, aplikasi ini adalah basic tool kit yang diperlukan oleh seorang muslim. Akhirnya setelah sekian lama, ada juga aplikasi yang menggabungkan banyak aplikasi muslim menjadi sebuah aplikasi simple namun dengan UI yang tidak kalah ciamik. Mungkin sebelumnya sudah ada Muslim Pro yang lebih dulu tenar, tapi jika dibandingkan dengan aplikasi satu ini yang sepenuhnya gratis, Muslim Pro rasanya ingin aku ke sampingkan sejenak.

Sedikit tentang Umma, Umma adalah sebuah platform informasi bagi umat Islam untuk mendukung pelaksanaan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Platform umma terdiri dari fitur-fitur dan pengetahuan untuk membantu pelaksanaan aktivitas sehari-hari umat Islam. Melalui fitur seperti Quran, Waktu Sholat, Notifikasi Adzan, Petunjuk Arah Kiblat, Artikel Islam dan fitur Ramadhan, Umma berfungsi sebagai pendamping dalam membantu pengguna menjadi Muslim yang lebih baik. Itu yang dijelaskan oleh deskripsi Umma di Google Play.

Fitur Utamanya meliputi:



Al-Qur’an
- Baca Al-Qur'an dengan terjemahan ke berbagai bahasa [Inggris, Indonesia, Melayu, Perancis, Türkçe, русский, हिंदी, বাঙালি, العربية, اردو ]
- Mendengar bacaan Al-Qur'an bersamaan dengan penulisan Bahasa Arab
- Belajar arti ayat-ayat Al-Qur'an
- Penanda untuk menandai ayat, menyimpan ayat, membaca / mendengarkan kembali ayat-ayat favorit.
- Temukan topik-topik di Al-Qur'an yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan untuk memahami Islam secara umum

Jadwal Sholat
- Jadwal sholat yang akurat berdasarkan lokasi pengguna

Adzan
- Notifikasi Adzan lengkap dengan audio sebagai penanda masuknya waktu sholat
- Penanda waktu sholat selanjutnya dilengkapi dengan sistem hitung mundur
- Notifikasi waktu Imsak di bulan Ramadhan

Tanya-Jawab
- Tanya-jawab mengenai topik sehari-hari dalam kehidupan seorang Muslim
- Belajar dari Ustadz dan pakar lainnya tentang berbagai hal yang relevan dalam menjadi pribadi Muslim yang lebih baik

Kalender Islam
- Fitur kalender Islam yang terdiri dari hari-hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha
- Tanggal-tanggal penting lainnya dalam Islam termasuk periode Ramadhan

Kiblat
- Petunjuk arah kiblat berdasarkan lokasi pengguna

Konten Harian:
- Artikel-artikel Islami, video-video kajian
- Ayat hari ini
- Gambar hari ini

Cukup lengkap ya? Jika dibandingkan dengan Muslim Pro, mungkin fitur seperti doa-doa seperti itu tidak ada. Tapi bagiku ini sudah cukup sih, karena sifatnya pegangan dasar.
Yang aku suka dari aplikasi ini juga adalah alqurannya menerjemahkan secara per kata, jadi bisa sekalian belajar bahasa Arab deh. Kekurangannya dari alqurannya jika dibandingkan aplikasi MyQuran ya mungkin adalah penanda tajwid yang biasa diberi warna-warna berbeda. Namun dengan UI yang simpel dan lembut, Umma membuat membaca quran diaplikasi menjadi lebih nyaman aku rasa, dengan semua kesederhanaannya. Dan tentu alqurannya dilengkapi dengan murotal juga, per kata, sama seperti terjemahannya.

Sejauh ini banyak komentar positif untuk aplikasi ini di Google Play. Meski terakhir aplikasi ini update adalah tanggal 17 September 2019 lalu, namun aku sangat berharap ke depannya aplikasi ini bisa berbenah dan mendengarkan semua komentar yang membangun dari para user. Seperti masalah pengingat adzan yang mengalami masalah di beberapa orang. Tapi aku pribadi sih anti ya pakai alarm adzan pengingat sholat gitu, soalnya takut memotong ayat adzan yang tentu fatal untuk artinya menurutku. Jadi kalau pakai pengingat sholat sih saranku pakai ringtone biasa saja, sama ada sematan notif atau pop up gitu aja sudah cukup rasaku.

Demikian review-ku untuk aplikasi Umma. Aku berharap banget kalian pun bisa mencobanya dan tuliskan komentar kalian tentang aplikasinya di kolom komentar di bawah. Dan sekiranya kalian sudah mencoba aplikasi ini, bisa deh berbagi pengalaman. Oke, semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di review-review berikutnya.
Cheerio!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jelajah Mahakam; Samarinda - Tenggarong (Kapal Pesut Kita)

Hari ini aku ingin menuliskan sedikit cerita tentang pengalamanku menjelajahi Sungai Mahakam menggunakan kapal Pesut Kita, yang merupak...