Anime Review: Golden Time

Seperti yang aku katakan sebelumnya, kalau aku akan menulis anime review tentang satu lagi anime yang aku selesai saksikan di bulan April ini, judulnya Golden Time. Anime yang keluar tahun 2013 kemarin ini, ceritanya baru selesai bulan lalu.



Bercerita tentang Banri Tada, seorang mahasiswa baru di fakultas hukum, Tokyo. Dia memutuskan untuk kuliah di Tokyo setelah mengalami amnesia saat akhir acara kelulusan SMA. Banri yang tidak mengingat masa lalunya sebelum acara kelulusan, memutuskan untuk menjalani hidup barunya dengan tinggal sendiri di Tokyo.

Saat acara penyambutan mahasiswa baru, Banri bertemu dengan Mitsuo Yanagisawa, yang juga merupakan mahasiswa fakultas hukum, berkenalan secara tidak sengaja saat sama-sama tersesat mencari fakultas mereka. Dalam perjalanan, mereka bertemu Kōko Kaga, teman masa kecil Mitsuo dan begitu tergila-gila dengannya. Mitsuo yang memutuskan untuk kuliah di fakultas hukum Tokyo untuk menghindari Kōko yang begitu posesif, akhirnya bertemu kembali dan malah Kōko juga kuliah di tempat yang sama. Itulah perkenalan pertama Banri dengan Kōko.


Linda, Banri, Kōko
Saat ingin pulang, di depan kampus Banri disuguhi dengan begitu banyak klub yang sedang mencari anggota baru. Begitu banyak sampai Banri bingung dan menemui klub musik latin yang menahannya untuk pergi. Saat itulah Banri ditarik keluar oleh seorang wanita bernama Linda (Nana Hayashida). Banri begitu asing dengan wanita itu, namun wanita itu nampak seperti sudah mengenal Banri. Linda adalah mahasiswa tahun ke-2, kakak tingkat Banri.

Selain Kōko dan Mitsuo, di fakultas hukum Banri juga kenal dengan Chinami Oka dan Takaya Satō (2D). Chinami adalah seorang wanita kecil imut yang awalnya ditaksir Mitsuo, namun kemudian Mitsuo kecewa karena merasa ditolak, dan akhirnya malah Chinami yang naksir sama Mitsuo. Takaya adalah seorang pria berkacamata yang bosan dengan wanita 3D, jadi dia menutuskan untuk mencintai wanita 2D saja. Chinami dan Takaya sama-sama dari tahun pertama. Banri, Mitsuo, Kōko, Chinami, dan Takaya akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah geng karena mereka berlima sering banget ngumpul bareng.

Mitsuo yang merasa begitu tertekan dengan sifat Kōko akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka dengan Banri sebagai saksinya. Setelah kejadian itu, Kōko masih belum sanggup menerima keadaan karena dia dan Mitsuo sudah begitu dekat semenjak kecil. Banri pun menemaninya untuk menenangkan diri, hingga pada akhirnya Banri mengungkapkan perasaannya, kalau dia suka dengan Kōko.


Banri pun akhirnya berpacaran dengan Kōko. Mitsuo tidak terlalu terkejut dengan itu, karena hanya Banri yang sanggup menghadapi semua sifat buruk Kōko. Namun di saat yang bersamaan, ingatan Banri yang hilang perlahan mulai kembali. Banri kembali teringat dengan kisah cintanya bersama Linda, kakak tingkatnya tadi, yang ternyata adalah teman sekelasnya semasa SMA.



Di sinilah konflik terjadi. Banri harus memilih antara masa lalunya bersama Linda atau masa sekarangnya bersama Kōko. Cinta Banri kepada Kōko semakin besar, namun juga ingatannya terhadap cintanya kepada Linda juga perlahan kembali dan saat ingatannya kembali itu, Banri terlupa dengan ingatannya setelah kejadia di jembatan saat SMA itu.
 
Banri dan versi masa lalunya


Akhirnya Banri pun melupakan semua ingatannya setelah kejadian di jembatan dan kembali kepada ingatannya sebelum kecelakaan. Banri lupa dengan teman-teman barunya, juga lupa dengan kekasihnya, Kōko. Setelah lupa itu, Banri berhenti kuliah dan kembali ke kampung halamannya.

Meskipun dilupakan, Kōko masih saja mengunjungi Banri di kampung hamalamannya. Di sini aku salut banget sama Kōko yang begitu sepenuh hati dalam mencinta. Karena ketulusannya itu, kemudian Banri membuka kembali barang-barang yang dia dapatkan selama di Tokyo. Dia menemukan sebuah cermin yang diberikan Kōko kepadanya. Saat berkaca di sana, Banri tiba-tiba langsung bisa mengingat semua kenangannya bersama Kōko. Saat itu pula Banri langsung berlari mengejar Kōko.

Dan… akhirnya ingatan Banri kembali normal, semua ingatannya, juga tentang cintanya terhadap Kōko. Sebelumnya aku berpikir kalau Linda sebenarnya menolak Banri, tapi ternyata Linda juga menerima cinta Banri, hanya saja terlambat untuk menyampaikan jawabannya. Pada akhirnya Linda malah dekat dengan Mitsuo. Haha

Anime ini sungguh menyentuh banget. Banyak pelajaran yang bisa diambil, pokoknya rugi kalau sampai gak suka dan gak nonton anime ini. Hehe

Sekian dulu, mungkin untuk review kali ini singkat aja. Soalnya kalau aku menulis semuanya, ceritanya nanti jadi tidak menarik. Lebih seru menyaksikan anime kan saat masih ada rasa penasaran di dalam hati. ^^b


Sampai bertemu di anime review berikutnya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

96 Responses to "Anime Review: Golden Time"

  1. Gw setuju nich anime bener" keren

    BalasHapus
  2. Benar gans,,GT tuh anime yg sru bgt,,bikin pnsaran,,ampe nonton di TV g puas langsung buka youtube,buat nonton smua eps -ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nonton 1 episode aja rasanya terus nagis untuk episode berikutnya. haha

      Hapus
  3. kak, ijin copas ya buat tugas sekolah entri blog :3

    BalasHapus
  4. Gan, boleh kasih masukan ga kalo seandainya dibikin lengkap review animenya mulai awal sampe akhir endingnya gmn.. Biar ga penasaran nontonnya ini anime susah ditebak sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, iya, mba, terima kasih sarannya. Kemarin memang sengaja dibikin singkat biar tidak terlalu banyak, jadi cuma bentuk ringkasnya aja.

      Hapus
  5. thank's reviewnya gan, nonton dulu deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. douitashimashite ^^ sangat disarankan jika suka dengan anime romance

      Hapus
  6. Mantap bro, ane jadi penasaran banget.

    BalasHapus
  7. Tapi sayangnya ending hubungan mitsuo, linda sama chinami gak terlalu dibahas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ketegangannya fokus di kisah Tada-kun dan ingatannya yang hilang. Kalo dibarengin sama kisah Linda mungkin ketegangannya bakal gak fokus.

      Hapus
    2. nanti bakal ada ova nya, yg ngerapihin semua ceritanya.

      Hapus
  8. aku suka baper kalo nonton golden time, tpi lumayanlah endingnya, masih mending dari angel beats.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada apa dengan ending Angel Beats? aku rasa keduanya sama-sama happy ending, hanya saja happy endingnya Angel Beats dirusak at the very end.

      Hapus
  9. Thanks bwt infonya...

    Untung gw ngga nonton animenya hingga selesai..

    J

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah, kenapa malah gak diselesaiin? :D

      Hapus
    2. Dih, rugi anjay. Tonton ampe habis bro biar ketegangan lu sampe Volt 1000

      Hapus
  10. ada anime lain yang mirip kaya golden time ga senpai?
    yang pure romance (without harem), baper nya ngena

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau cari yang baper gitu, coba deh saksikan Shigatsu wa Kimi no Uso.

      Hapus
    2. kalau shigatsu wa kimi no uso ane udah liat bang, nyesek emang
      alternatif selain anime shigatsu wa kimi no uso apa ya yg senada dengan golden time itu :D

      Hapus
    3. kalau gitu, coba deh nonton True Tears. salah satu anime romance favoritku juga.

      Hapus
    4. 3d kanojo real girl, cocok buat kalian yg baru jadian terutama yg labil persaan

      Hapus
  11. Apa cuma gue yg selalu kangen dan pengen nonton terus anime

    BalasHapus
    Balasan
    1. sifatnya Kouko ngangenin memang. :D

      Hapus
    2. gatau ngapa gw jadi suka sama kouko, padahal dia cuma kartun!? sampe kangen gw asli. ada juga ga yg kek gw? apa gw doang ? wkwkwk

      Hapus
    3. Gua juga broo feel nya kerasa sama si kouko, apalagi waktu di ending, jadi lega gitu, hubungan mereka membaik... Kalo menurut saya sih perfect char, Banri sama si Kouko

      Hapus
    4. Sama gua juga bro,ngomong² ada lanjutannya gak ya?

      Hapus
  12. Golden time ada ovanya ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau, tapi setau saya sih gak ada. pasti produsernya bingung tuh mau ceritain apa lagi di OVA. tiap episodenya sudah menarik kok.

      Hapus
  13. gan ada yg lain gk? ane mw donlot dua :D ... yg gambarnya bagus..ceritannya gk bosen :D... ane liat http://www.yuslogs.top/2015/11/anime-ntr-cinta-segitiga-.html?m=1 nemu ss golden time langsung nyari review :v

    BalasHapus
  14. Min,cerita sedikit ya... gua suka baper kalo liet ending golden time yang sweet & sweet cherry... bner2 kena sesak di dada pas liet karakteristik koko yg sama kayak gua. Serasa bercermin di kaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya silakan, curhat juga boleh :D
      kenapa nyesek, endingnya kan bagus untuk Koko? meskipun memang nyesek dulu..

      Hapus
  15. Kira kira ada ga ya season 2 atau OVA nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku rasa gak ada dan gak perlu ada. kalaupun ada seharusnya OVA aja. karena kalau ada season 2, itu akan nampak maksa banget.

      Hapus
    2. Beneran ga bakal ada season dua nya

      Hapus
    3. Padahal seru tuh golden time,saya berharap ada s2nya sih tapi belum ada info:(

      Hapus
  16. kalo di bilang kaya kisahq zaman dulu (tidak amnesia ya aq),ceritanya menyentuh banget episode 6 banri ungkapkan cinta ke koko,dan episode 10 hantu banri (ingatan masa lalu ) bersatu ke fisiknya banri dah bener2 aq g bs lanjutin ceritnya bagus dan menyentuh lah,ada recomen lg g selain golden time aq berkali2 nontn ini,cuma anime ini yg pas bnget

    BalasHapus
  17. Gan recomend dong anime romance yg keren

    BalasHapus
  18. Kak ni amine ada manganya gk?...satu lg. Ktanya ni anime mw adaptasi LAnya yak bner gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya anime ini kan diadaptasi dari light novel, de. kalau LA-nya belum pernah nemu sih sejauh ini.

      Hapus
  19. Hampir Kebawa Suasana DiBeberapa Episode...... Alur Ceritanya Kerasa Banget

    BalasHapus
  20. itu akhir'a si linda sama mitsuo yy?

    BalasHapus
  21. Golden time, jalan ceritanya sangat menyentuh, baru kali ini dr sekian banyak anime yg sy tonton inilah yg sangat sangat bagus, maaf ya lebay, karna memang bagus ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa, tidak apa, di sini tempatnya lebay kok~

      Hapus
    2. Setuju ni anime salah satu anime romance terbaik sih yah hampir sama lah sama toradora menurut ane sama sama favorit, ceritanya, komedinya, dapet semua. Keren dah!

      Hapus
  22. Rame banget nii film ampir bikin gwe nangis wkwk,oh iya tolong dong di Adain ovanya atau s2nya buat memperjelas lagi itu endingnya masih belum tamat kayanya penasaran banget nihh

    BalasHapus
  23. padahal dah nonton berkali-kali nih anime, tapi masih aja senyum2 sendiri.
    mimin bener sifatnya koko ngangenin hehe

    BalasHapus
  24. Ampe berkali kali nonton, tetep aja degdekan hahaha

    BalasHapus
  25. Anime yang paling saya suka ni kangen sama koko nya hehehe.... rekomend dong min anine yang bagus kaya golden time and kualitas gambarnya bagus kaya golden time

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak sih sebenarnya anime romance semacam ini. yang baru-baru keluar nih yang bagus kan Tsuki ga Kirei dan Just Because.

      Hapus
  26. Bapeeeerrrrrrrr abisssssssssd. Aaaaaaaakkkkkkkkkhhhhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  27. Baru kelar nontom duh baper 😂
    24 eps blum ckup, masih kangen sma si koko wkwk
    btw ova atau s2 nya ada ga? nyari sana sni kok katanya gaada ya? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gw juga kangen sama semua karakternya sih termasuk Oka-chinami. Kalau dipikir" Ova dan s2nya gak bakal ada karena cerita di s1nya aja udah pas banget dan gak nanggung, jadi kemungkinan besar gak bakal ada Ova ataupun s2. Hmm... gini aja deh, lu bayangin aja kalau s1 itu dari ep 1 - 12 sedangkan s2nya dari ep 13 - 24 👍

      Hapus
  28. Salam kenal admin mau tanya judul anime yang kisahnya semacam daibok lovers atau brother conflict itu apa aja ya judulnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang banyak cowonya yak? aku rasa anime-anime idol gitu kali

      Hapus
  29. Iya nih Golden Time memang mantap. Gw aja ngerasa sedih kalau tau anime ini betul" end. Gw sampe nangis gila, kayak mohon-mohon minta dibuatin season 2-nya. Cuma sayangnya banyak yang ber-spekulasi kalau ini anime gak ada lanjutannya karena dilihat dari endingnya aja sudah ketauan kalau anime ini endingnya gak nanggung. Aduh sedih banget kalau GT gak ada s2nya, padahal pengen liat si Oka-chinami ngungkapkan cintanya ke mitsuo, tapi gak ada ada T_T. Semoga Production DoA ngerti lah ya kepada fans GT, Fanspagenya aja dah mati :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, berat untuk bisa melanggeng ke season 2, itu akan dipaksakan banget, endingnya begini saja sudah cukup. Kalau dilanjutkan, mungkin nanti gak sedih lagi, jadinya mungkin kocak.

      Hapus
  30. Nih LA-nya itu sama seperti animenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku rasa sama, cuma karakternya aja yang diperankan manusia.

      Hapus
  31. Suka banget sama jalan ceritanya anime ini. Remonendasiin dong anime yg ceritanya dapet banget kayak anime golden time

    BalasHapus
  32. Baru liat, gue langsung demen sama anime ni.
    Kocaknya dapet, sedihnya dapet,
    Karakternya bagus semua.
    Aaah gw jd terbawa imajinasi 😁😁
    kouko 😍😍

    BalasHapus
  33. Baper gua liat banri, enaak pnya pacar kek koko :v anjirlaahh

    BalasHapus
  34. Linda siapa? Ane lihat di google tokoh tokohnya gk ad yg namanya linda

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada huruf L dalam bahasa Jepang, jadi kalau di Jepang nama doi jadi Rinda.

      Hapus
    2. Kak ada ngga di dunia real orangnya tada banri sama kaga koko di jepang

      Hapus
    3. Kak ada ngga di dunia real orangnya tada banri sama kaga koko di jepang

      Hapus
  35. Kapan sih season 2 nya lagi nunggu nih? Ngga sabar liat tada banri sama kaga koko di season 2

    BalasHapus
  36. Bang , Berarti Season 2 gak ada Atau Ova Nya Gitu ? Gw Kasihan Linda ! Mitsuo kan Playboy !

    BalasHapus
  37. Menurutku bagus banget nih anime... tapi entah kenapa seperti terlalu panjang episodenya. Ada beberapa adegan yang monoton. Seharusnya 16 episode aja udah cukup jika ceritanya diringkas.. ma'af ini cuman pendapat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm menurut saya iya ada beberapa episode yang kurang ngena dipertengahan, harusnya hubungan Tada Banri-Kaga Kouko dibikin lebih romantis sedikit kali yak, tp overall bagus. Walau lebih bagus ToraDora

      Hapus
  38. Thank you review.a..,, rencana pengen nonton tapi tkut.a ending.a kya white album..,, stlah baca review ini jadi mantep mau nonton.
    ,,,

    BalasHapus
  39. Alur nya keren dan menarik cuma sedikit kecewa saya,kenapa banri yg sekarang malah milih kouka timbang linda hufttttt

    BalasHapus
  40. White albun 2 nyesek alurnya Ntr hahaha

    BalasHapus
  41. Jujuar aja gue lebih suka sama banri sama Linda walaupun di end Linda bilang yes atas pertanyaan bandri sebelum kecelakaan kayaknya Linda merasa bersalah jadi kayaknya kepaksa dan juga Linda cuma nganggep bandri sebagai sahabat doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dengan banri dengan dirinya yang dulu , gw setuju ..

      tapi waktu terus berjalan, linda menyadari juga bahwa banri sudah menemukan kebahagiaan dng dirinya yg sekarang.
      disisi lain linda juga merasa bersalah karena datang terlmbt & tidak langsung membri keputusannya pda waktu itu ,linda akan bhagia jika bandri bahagia walau bukan dengan dirinya..

      Hapus
  42. Dari dlu sampe sekarang, hanya anime ini yg ngepas sama tipe gue, comedynya dapet, romancenya ok, happy ending, tpi sedih kyknya gk ada S2 nya, karena penyampaian ceritanya dah berasa klimaks,ini anime ok banget, yg mau nyari romance iya, comedy iya, yg mau nyari waifu juga ok, karena tokohnya (khususnya koko) terbilang imut, dan ngangenin ceritanya
    Nyari anime yg kyk gini ada lagi kah? Yg 11/12 atau pengarang yg sama
    Tolong dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari semua anime dengan genre romance, golden time memang yang endingnya sempurna..
      gak prlu ada S2 , kalo adapun itu maksa sih..

      re life , 3d kanojo/real girl ending bagus..

      Hapus
  43. Bisa depresi berat kalo nonton
    shigatsu wa kimi no uso , anohana , viollete evergarden
    gw nton anime itu berturut turut lalu semangat kerja gw hilan selama 3 hari..
    pdahal gw laki wkwkwk

    btw goldetime itu bgus karena endingnya yang sempurna menurut gw

    BalasHapus
  44. Yang nabrak bandri itu
    Cowok yang selingkuh sama pacar kakaknya linda kan?

    SOalnya Pada saat linda & banri selidikin, Cowoknya natap tajam ke banri seperti penjahat..
    mungkin dia dendam lalu tabrakin banri pas dijembatan

    BalasHapus
  45. Apakah ada S2 nya golden time

    BalasHapus
  46. Apakah ending di light novel nya sama Seperti di anime Yang happy ending bersama kaga koko?

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus