Mari Atasi Kesedihan

 Hi. Kalian pernah sakit hati? Sedih yang berlebihan? Kalau kalian manusia tentunya pernah kan merasakan semua itu.

Karena kebetulan itulah yang aku rasakan sepanjang hari ini, kali ini aku akan menulis tentang bagaimana mengatasi semua perasaan mengganggu itu. Meskipun terkadang aku merasa kalau sedih itu perlu. Mengapa? Karena dengan kesedihan, kita akan lebih menghargai sebuah kebahagiaan dan kemudian menjadi pribadi yang pandai bersyukur.

Saat sedih, ada beberapa hal yang sering aku lakukan dengan tujuan agar aku bisa mengatasi semua kesedihanku itu, tentunya juga tanpa efek samping yang merugikan seperti mengonsumsi obat-obatan terlarang gitu atau terjerat kasus kriminal.


Hal-hal itu antara lain:

1. Mendengarkan Musik

Mungkin ini adalah cara yang paling banyak orang lakukan. Penelitian mengatakan bahwa disaat sedih, seseorang yang mendengarkan lagu sedih (melow gitu) malah lebih berhasil mengatasi kesedihannya dibandingkan lagu jenis lain. Entah penelitian ini benar atau tidak, coba saja praktekkan. Tapi rasanya benar, saat sedih rasanya benar untuk mendengarkan lagu sedih, karena jika dengarkan lagu bersemangat yang bahagia gitu, kesannya seperti mencoba membohongi diri bukanlah solusi. Seperti melarikan diri dari apa yang sudah dialami. Tapi tentunya beberapa orang juga ada yang berhasil atasi kesedihannya dengan dengarkan musik bahagia (nge-beat gitu).

Kalau aku sih memilih untuk mendengarkan lagu sedih. Entahlah, rasanya lebih nyaman, serasa ada yang mengerti dengan apa yang kita rasakan seiring dengan lantunan melodi lembut yang dimainkan, it feels right. Atau mungkin juga karena aku tipe orang maso, aku tidak tahu. Haha

2. Makan Makanan Favorit

Makan… nah, ini adalah hal yang sering aku lakukan juga kalau sedang sedih. Biasanya kalau sedih sih, aku suka melakukan makan gila-gilaan gitu (junk food break). Meskipun aku tahu mungkin cara ini adalah ancaman bagi wanita yang sedang diet, tapi cara ini berhasil dengan efektif untukku. Rasa lezat makanan rasanya bisa obati luka akibat kesedihan. Seperti yang dikatakan guruku waktu SMA dulu, “makanan adalah salah satu kenikmatan yang diturunkan Allah ke dunia ini”, dan aku sangat setuju dengan itu.

3. Main Game

Kalau ini sih hobiku semasa SMA dulu. Disaat mengalami kesedihan akut, biasanya aku langsung mengambil controller USB milikku, kemudian memainkan GTA (grand theft auto) di laptop. Menurutku GTA adalah game yang paling asik untuk dijadikan pelampiasan kesedihan.

Khusus untuk masa kuliah ini, aku lebih sering memainkan game yang bersifat lucu gitu, jadi membuatku merasa terobati dari kesedihan.

4. Menghubungi Sahabat Terbaik

Ini adalah hal yang paling jarang aku lakukan, karena menurutku cara ini hanya akan aku lakukan jika kesedihannya benar-benar parah. Karena seperti pesan dari Naruto, sesungguhnya kita bisa berbagi rasa dengan orang lain, bahkan untuk kesedihan. Manusia yang tercipta sebagai makhluk sosial ini, sangat bergantung dengan makluk lainnya.

Terkadang aku berpikir juga, mengemban sesuatu sendiri memang berat. :)
Tapi meskipun berat, lantas tidak membuat manusia menjadi manja dengan orang lain.

5. Bermain bersama Hewan Peliharaan

Kalian punya hewan peliharaan? Kalau aku punya, seekor kucing jantan imut-imut yang aku beri nama Soni. Namanya terinspirasi dari nama HP yang aku gunakan semasa mengadopsi dia dulu (aku tidak akan menyebutkan merek di sini). Aku senang sekali bermain bersama kucingku ini ketika sedih. Rasanya kesedihanku luluh saat melihat wajah imut tak berdosanya. Hehe



Jasanya yang besar ini, membuat Soni bagian dari keluarga. Rumahku tidak akan lengkap tanpa kehadirannya. Bahkan saat lebaran, biasanya ibuku memandikannya sampai wangi, untuk menyambut tamu.

6. Menyaksikan Acara Favorit

Ini salah satu hal menarik yang aku lakukan disaat sedih. Karena menyenangkan banget menyaksikan tayangan favorit, apalagi jika benar-benar bisa mengikuti ceritanya dari awal hingga akhir. Yang biasa aku saksikan ketika sedih adalah salah satu anime favoritku sepanjang masa, True Tears.


Setiap menyaksikan anime ini, rasanya kesedihannya itu pas banget sama yang aku rasakan, dalam bentuk apapun itu, entah mengapa. Mungkin ini bukan saran yang bagus untuk kalian, karena mungkin hanya aku merasakan hal ini.

7. Berdoa

Ini adalah hal terakhir yang bisa aku sarankan pada kalian untuk dilakukan. Kita semua tahu bahwa Allah-lah penguasa seluruh hati manusia. Dia-lah yang mengatur segalanya, bahagia maupun sedih. Jika kalian sedih, tentunya Tuhan adalah tempat kalian mengadukan semuanya dalam doa dan sujud. Apalagi jika kalian bisa menangis saat menghadap-Nya, aku bisa jamin rasanya akan lega banget.

Baiklah, itu saja yang bisa aku bagi untuk kali ini. Semoga bermanfaat.

Aku pun berpikir hari ini, “wah, jadi ini rasanya sedih?” Rasanya aku sudah lama sekali tidak merasakan sedih seperti yang aku rasakan hari ini, terlalu banyak hal menyedihkan terjadi bersamaan. Tapi aku tidak ingin kalian yang membaca ini juga merasakan hal yang sama. Aku harap kalian bisa ikuti saran-saranku ini dan sukses atasi kesedihan. Aamiin.

Oh iya, aku mempunyai pesan terakhir sebelum menutup postingan ini. Hm, ingatlah untuk selalu membuka matamu, kesedihan yang kamu rasakan mungkin tidak sebesar daripada yang orang lain rasakan, jangan merasa paling menderita di dunia ini. Dan percayalah bahwa setiap orang mempunyai kesedihannya masing-masing, bahkan bagi mereka yang selalu nampak ceria.


Ok, sampai jumpa lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar