Art of the Day : A Wonderful Night


Saatnya untuk karya. Kali ini aku mau posting karya lamaku. Karya yang aku buat kira-kira 6 tahun yang lalu. Ini adalah lukisan cat minyak pertamaku dan satu-satunya yang pernah aku buat. Benar-benar setelah karya ini, aku tidak ada membuat karya cat minyak lagi sampai sekarang. Terkadang ada sih keinginan untuk membuat lagi, tapi inspirasi belum datang menghampiriku, inspirasi yang begitu kuat sama seperti saat aku membuat lukisan ini.

Lukisan ini adalah tentang sepasang kekasih yang begitu menikmati malam. Lukisan yang dulu aku buat untuk menyelesaikan tugas kesenianku di SMA ini, pernah mengundang banyak pertanyaan khususnya tentang pasangan yang berada di dalam lukisan.

Ya, lukisan ini memang tentang kisah cinta. Dua orang insan yang begitu menikmati saat malam bersama dengan gemerlap yang ada di langit. Banyak menghabiskan waktu bersama di bawah indahnya langit malam bersama, mengobrol tanpa menyadari berapa lama waktu berlalu.


Banyak yang berpikir kalau mereka sebenarnya sedang melihat laut, sedangkan saat melukis aku menggambarkan gemerlap kota di bawah mereka, tapi entah mengapa saat jadi, kotanya malah nampak seperti lautan di malam hari. Ya tidak masalah sih bagaimana orang memahaminya, intinya adalah bagaimana aku menggambarkan langit malam dan kisah cinta pasangan yang ada di dalam lukisan. Bagaimana si pria menunjuk ke arah bulan, menunjukkan bagaimana si pria membandingkan sang kekasihnya dengan indahnya bulan di malam hari, begitu terang.

Saat pembuatan lukisan ini, tepatnya pada tahap pengeringan, aku mengalami mabuk cat. Ya, karena itu untuk pertamakalinya aku menggunakan cat minyak. Semenjak SMP aku hanya menggunakan cat air, itupun melukisnya gak di kanvas. Oh iya, ini pertamakalinya juga aku melukis di atas kanvas, ternyata menyenangkan. Aku berharap bisa melukis lagi suatu saat.

Baiklah, itu dulu tentang karya klasikku satu ini.

Cheerio!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar