Book Review: Hakikat Bekerja

Hi, kalian pada pekerja. Sama sepertiku, sama saja. Beberapa hari lalu aku baru saja menyelesaikan membaca buku karya Syeikh DR. Said Abdul Azhim berjudul Hakikat Bekerja, yang merupakan buku terjemahan. Cukup menarik dan mencerahkan untuk para pekerja. Kalau bagiku pribadi sih buku ini efeknya lebih ke memberi semangat lebih dalam bekerja.

Tidak banyak yang bisa aku kutip dari buku ini, isinya memang membuat semangat, namun beberapa tulisannya hanya berupa dalil-dalil standar yang aku cukup yakin kalian pun pernah mendengarnya. Namun ada beberapa dalil yang asing dan cukup ngena sih bagiku, dan hanya itu yang bisa aku tuliskan di sini.

Pertama...


“Gapailah sesuatu yang berfaedah untukmu, minta tolonglah kepada Allah dan jangan pernah lemah (tak bersemangat).” (HR. Muslim)

Ini menurutku bagian yang membuat semangatnya. Di mana seorang muslim itu dilarang untuk bersikap lemah. Banyak kan kadang kita melihat bagaimana seseorang yang beragama islam, namun ternyata suka malas-malasan. Dalam islam nyatanya dilarang bermalasan.

Aku selalu ingat dengan kata-katanya ustadz Khalid Basalamah yang mengatakan kalau menjadi seorang muslim itu hanya menggunakan/mengenakan/memakai sesuatu yang halal dan terbaik (halalan thoyyiban). Jadi halal aja gak cukup, tapi juga harus yang terbaik. Artinya kalau kalian punya sesuatu yang dirasa sudah tak layak lagi, dan mampu untuk mengganti, maka hal tak layak itu harus segera diganti dengan yang terbaik.

Kedua...

“Siapa yang membuka pintu bagi dirinya untuk meminta-minta, maka Allah akan membukakan baginya tujuh puluh pintu kefakiran.” (HR. Turmudzi)

Dan yang terakhir ini tentang kejelasan nasib seorang peminta-minta. Sungguh hina sekali, karena sudah tidak ingin berusaha lagi untuk mencari rizki dan memilih menadahkan tangan. Memang mudah dan menghasilkan, tapi menurutku sih malu sama semua rahmat Allah yang diberikan di dunia ini, gak digunakan dengan maksimal untuk mencari rizki.

Yap, itu dulu deh seputar buku ini. Sampai jumpa di review buku selanjutnya, semoga saja bermanfaat.

Cheerio!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar