Aqua Timez: Grup Band Penuh Warna


Selamat pagi! Senang sekali rasanya sekarang setiap Sabtu aku bisa bersantai menikmati akhir pekan di rumah, sejauh ini kuliah belum seberat yang ku bayangkan. Di pagi yang berbahagia ini aku ingin menulis tentang salah satu band Jepang favoritku, siapakan mereka? Yap, mereka adalah Aqua Timez. (nanya sendiri, jawab sendiri) Bagi kalian penggemar anime sekelas Bleach dan Naruto tentunya sudah tidak asing dengan band yang satu ini karena di Bleach sendiri Aqua Timez udah sering banget ngisi, untuk Naruto cuman sekali aja mereka ngisi (真夜中のオーケストラ) tapi itu sudah keren banget!


Aqua Timez (アクア タイムズ) berdiri pada tahun 2003. Membernya sekarang terdiri atas:
Futoshi (太志) sebagai vokal

Daisuke (大介) sebagai gitaris

OKP-STAR (おーけーぴーすたー) sebagai bassis

Mayuko (まゆこ) sebagai keyboardis

Tasshi (たっしー) sebagai drummer

Pada awalnya band ini hanya beranggotakan Futoshi dan OKP-STAR. Perjalanan awal band ini tidak mudah karena Futoshi dan OKP-STAR memiliki perbedaan dalam genre musik. Namun akhirnya OKP mengalah pada Futoshi setelah mendengar kata-katanya, "このまま最後まで一緒にやっていかなければならない" yang artinya, "Kita harus tetap bersama menjalankan band ini walaupun dengan perbedaan sampai saat terakhir." Cukup mengharukan, aku yakin kalau dijadikan film pasti keren nih mereka. Proses pengumpulan member pun dilakukan dan OKP banyak berperan dalam hal ini. Awalnya nama band ini adalah Aqua Times, tapi pada tahun 2005 diganti menjadi Aqua Timez karena di Jepang sana mengeja kata 'Times' dengan 'Taimuzu' (タイムズ). Itulah sejarah singkat dari Aqua Timez yang bisa aku berikan.

Sekarang mari membahas musik mereka. "Pelangi", itulah kata yang menurutku pantas untuk menggambarkan genre musik yang mereka bawakan. Dalam satu album Aqua Timez biasanya memuat genre pop, rock, reggae, dan rap. Beberapa orang Indonesia berpendapat Aqua Timez juga membawakan genre dangdut (ALONES dan 兎のしっぽ). Itulah sebabnya 3 album art mereka begitu penuh warna. Mungkin memang terlihat tidak konsisten seperti band-band biasanya, tapi bermacam-macam genre inilah yang membuat mereka tidak menjemukan. Jika mendengarkan satu album mereka seolah-olah feel kita bakal dibawa kemana-mana. Kadang slow, kadang loncat-loncat, kadang asik, atau mungkin gabungan dari ketiganya, slow asik loncat. Nada-nada yang melantun sangat enak untuk dinikmati ditelinga, apa lagi kalau mereka membawakan nada dangdut, langsung deh tu nempelin jempol di dada kemudian joget-joget kaya bang Toyib di pasar. Khusus untuk lagu slow mereka enak banget didengarkan jika susah untuk pejamkan mata. ^^d Salah satu yang paling aku suka dari Aqua Timez juga adalah permainan bassnya OKP-STAR. Dulu aku benar-benar tidak mengerti di mana letak bunyi bass dalam sebuah musik, meskipun sahabatku Riki sering menjelaskannya tetap saja tidak mengerti, tapi setelah mendengarkan lagu Aqua Timez, akhirnya aku mengerti asiknya musik dengan dentuman bass. Aku suka dentuman bass solo OKP di lagu プルメリア ~花唄~.


Lagu-lagu Aqua Timez sangat sarat akan pesan kehidupan. Lirik-lirik mereka biasanya bercerita tentang perjalanan, ada juga komentar kepada kehidupan. Salah satu yang menurutku unik dari lagu mereka adalah lagu 優しい記憶~evalastingⅡ~ yang bercerita tentang pesan kakek dan ayah mereka saat menjaga nenek dan ibu. Saat mendengarkannya seolah mendapatkan sebuah nasihat dari orang yang lebih tua dan berpengalaman. Yang aku suka juga saat mereka membawakan tema lirik tentang kisah cinta masa kecil seperti di lagu 絵はがきの春. Sifat kekanak-kanakan mereka gambarkan dengan apa adanya jadi terasa begitu jujur dan tulus seperti anak kecil. Galaunya mendengarkan lagu Aqua Timez itu saat mereka membawakan lagu dengan tema lirik sebuah perpisahan seperti dalam lagu シャボン玉Days. Lebih galau lagi kalau tema perpisahannya dilengkapi dengan si pasangannya sudah bersama orang lain seperti di dalam lagunya 奏であい. Namun dalam lagu シャボン玉Days Aqua Timez mengatakan untuk tetap bangkit setelah mengalami perpisahan karena kata mereka cinta itu bagaikan sebuah gelembung sabun yang tak mudah untuk dijaga, namun saat dia pecah kau bisa meniup yang baru. Selain itu Aqua Timez juga mengangkat tema tentang persahabatan dan usaha untuk menggapai mimpi seperti dalam lagu 別れの詩 -still connected- dan GRAVITY Ø.

Hmm, membahas tantang apa lagi ya? Klip? Ok, klip Aqua Timez biasanya juga penuh warna seperti genre mereka dan penuh imajinasi. Klip mereka yang paling suka itu つぼみ dan 絵はがきの春. Dalam kedua klip itu mereka memakai anak kecil manis sebagai bintang video klip mereka. Keren deh pokoknya!

anak kecil di klip つぼみ
Aku mengenal Aqua Timez ini waktu kelas X saat mereka jadi soundtrack Bleach yang disetel di Indosiar tiap minggu dulu. Sebenarnya sudah denger lagu mereka sih saat masih SMP, tapi benar-benar sukanya pas SMA. Dari 3 band favoritku di alam semesta ini Aqua Timez menempati tempat ke-2 di hati setelah My Chemical Romance dan di atas the Rain. Aku biasanya mendengarkan lagu Aqua Timez saat sedang dalam perjalanan menuju ke kampus yang jauh dan lama. Paling sering biasanya dengerin つぼみ dan GRAVITY Ø. Kalau dengerin GRAVITY Ø itu rasanya motorku terbang seperti Icarus. :D

Pengalaman yang sering terjadi kalau aku dengerin lagu Aqua Timez ni orang-orang biasanya bilang, "Ngapain kamu dengerin lagu Cina?" (==") C'mon, Aqua Timez itu band Jepang, bukan Cina. Entah mengapa aku belum pernah mendengar komentar serupa saat orang-orang mendengarkan musik Korea. Mungkin karena personel musik Korea keren gitu ya maka orang-orang mengabaikan nyanyiannya. (==") Memang, dewasa ini yang terpenting adalah sensasional.


Baik, itulah yang aku bisa bagi tentang Aqua Timez, aku berharap kalian bisa menikmati lagu-lagu mereka sepertiku, *tapi setiap orang seleranya kan beda-beda om*. Yah tidak masalah kalau begitu. Tapi berkat Aqua Timez aku jadi tertarik dan sedikit-sedikit mengetahui bahasa Jepang. Terkadang karena kecintaan seseorang bisa melakukan sesuatu dengan spontan, aku karena suka lirik mereka jadi perlahan tahu beberapa kosakata Jepang secara spontan pula. Karena kesukaanku dengan band ini juga membuatku dulu ingin sekali gimbal seperti OKP-STAR. :D (sekarang pun masih pengen cuman gak kesampaian)

Terima kasih atas perhatiannya, maaf kalau ada salah kata,
Cheerio!

2 komentar:

  1. aq jg suka aqua timez yg jdulnya alones^^

    BalasHapus
  2. really? you should try to hear Tsubomi too. :)

    BalasHapus