Anime Review: Kamichu!

Shoukichi, Miko, Kenji, Yurie, Matsuri, Mitsue

Halo, berjumpa lagi di anime review. Kali ini aku akan membahas anime lama yang akhirnya berhasil aku saksikan hingga tamat. Pertama kali mengenal anime ini waktu SMP, waktu itu masih ditayangkan esklusif di Animax, karena tidak menyaksikannya sampai selesai, jadi meninggalkan rasa penasaran selama 7 tahun hingga kini. Anime ini benar-benar tidak begitu terkenal, banyak dari teman-temanku yang tidak tahu satu anime ini. Jika tak kenal maka tak sayang, aku akan memperkenalkannya pada kalian semua.

Yurie Hitotsubashi

Judul animenya adalah Kamichu, nama ini diambil dari singkatan Kami (dewa) dan Chuugakusei (siswi SMP). Bercerita tentang Yurie Hitotsubashi, seorang siswi SMP yang hidupnya berubah drastis setelah terpilih menjadi dewa (dalam agama Shinto). Yurie adalah seorang gadis mungil imut-imut pemalu yang tidak terlihat begitu bertenanga dan gemar sekali bermalas-malasan. Awalnya tidak ada yang percaya kalau Yurie benar-benar seorang dewa terpilih, namun suatu hari secara tidak sengaja dia menunjukkan kemampuan dewanya dan menimbulkan badai besar di kota Onimichi, Prefektur Hiroshima. Dari situlah Yurie jadi tahu kalau pengaktifan kemampuannya adalah dengan cara mengatakan kalimat “kamichu!
 
saat latihan untuk mengetahui kekuatan Yurie

Mitsue Shijo
Matsuri Saegusa
Yurie memiliki 2 orang sahabat yang selalu menolongnya, yaitu Matsuri Saegusa & Mitsue Shijo. Berbeda dengan Yurie, Matsuri adalah seorang gadis yang begitu rajin, bersemangat dan penuh ambisi. Karena sifatnya yang begitu berapi-api ini yang terkadang juga harus memaksa Yurie bersikap demikian dan membuatnya kelelahan. Matsuri adalah seorang gadis yang dibesarkan di kuil Raifuku dan ayahnya adalah seorang imam tertinggi di sana. Matsuri juga yang memberikan Yurie gelar ‘kamichu’. Berbeda dengan Matsuri yang suka memaksakan kehendaknya kepada Yurie, Mitsue adalah seorang gadis yang begitu peduli dengan Yurie. Karakter Mitsue di sini berkelakuan layaknya kakak dari Yurie. Hehe Karena dia begitu telaten dengan semua sifat Yurie yang terkadang ceroboh dan masih butuh bimbingan. Hidupnya yang begitu biasa terkadang membuat Mitsue bosan dan menginginkan sesuatu yang luar biasa akan terjadi di hidupnya. Mitsue sering menjadi media untuk Yashima (dewa lokal yang ada di kuil Raifuku) berbicara pada orang biasa.

 
Yashima dan Miko
Yurie masih mengerjakan tugas meski di dunia para dewa
Meskipun terpilih menjadi seorang dewa, namun Yurie tetaplah Yurie, dia juga masih seorang siswi SMP dengan seluruh masalah kesehariannya. Meskipun terkadang mendapatkan perlakukan istimewa dari masyarakat, namun Yurie juga masih harus menghadapi ujian akhir sekolah dan mengerjakan tugas-tugas demi mendapatkan nilai yang bagus di sekolah. Namun terkadang karena kesibukannya sebagai dewa membuat nilainya berada di peringkat bawah di kelas. Yurie juga harus berjuang untuk cintanya kepada seorang anggota klub kaligrafi, Kenji Ninomiya. Bukan hanya masalahnya sebagai siswi SMP, terkadang Yurie juga harus menyelesaikan masalah yang lebih berskala besar, seperti saat Yurie mengatasi masalah negara yang menemukan UFO jatuh di Jepang. hehe



Kisah cinta Yurie dan Kenji adalah salah satu bagian manis dari anime ini. Semuanya benar-benar alami mengalir dengan apa adanya. Yurie sudah sejak masuk SMP naksir dengan Kenji, namun Kenji tidak pernah sadar dengan perasaan Yurie karena dia hanya sibuk dengan kaligrafinya. Screenshot di atas adalah gambaran bagaimana Yurie memperjuangkan cintanya kepada Kenji ketika ada adik kelasnya yang juga naksir dengan Kenji. Tapi pada akirnya Kenji tahu dengan perasaan Yurie dan dia pun sadar kalau dia juga suka dengan Yurie. Haha Kenji adalah seorang anak yang cukup aneh karena dia begitu sulit mengingat sesuatu di luar kaligrafi.


Selain 2 sahabatnya itu, Yurie juga memiliki seorang adik laki-laki bernama Shoukichi Hitotsubashi. Meskipun adik dari Yurie, tapi sifatnya lebih dewasa. Begitu serius dengan sekitarnya. Sebenarnya anak yang baik dan suka membantu, tapi dia menutupi sifat baiknya itu dengan kejutekan. Diam-diam juga Shoukichi naksir dengan adik dari Matsuri, Miko Saegusa. Kisah dua anak ini juga salah satu momen manis. Apa lagi saat mereka berdua memutuskan untuk kabur dari rumah bersama. Saat itu Miko begitu kecewa dengan kegagalannya saat mengikuti lomba memanah. Miko naksir dengan dewa Yashima, namun Yashima malah selalu memperhatikan kakaknya. Hal itu membuat Miko begitu iri dengan kakaknya. Namun pada akhirnya Miko sadar dan jadi lebih memperhatikan Shoukichi.
 
Shoukichi & Miko



Keluarga Hitotsubashi
Ini adalah salah satu anime penuh keajaiban. Hehe Yah—jadi berasa seperti menyaksikan film-film produksi Studio Ghibli. Dari anime ini jadi bisa banyak tahu soal kebudayaan yang ada di Jepang sana. Beberapa sejarah juga diceritakan di film ini, salah satunya adalah sejarah kapal Yamato, kapal perang Jepang yang tenggelam waktu perang dunia 2. Jadi bagi kalian yang ingin menambah wawasan soal Jepang dan agama Shinto, bisa menyaksikan anime ini sebagai referensi yang menyenangkan aku rasa. Hehe
 
Yurie di dunia para dewa
waktu Yurie diresmikan menjadi dewa
Kesimpulannya, anime ini menghibur. Konfliknya juga tidak begitu berat, begitu asik, kocak (apalagi melihat keseharian Yurie) dan so sweet banget ceritanya. Sebenarnya bukan hanya bercerita tentang dewa-dewa gitu, tapi juga banyak yang lain, seperti kisah keseharian kucing dan juga keluarga-keluarga yang ada di kota Onomichi, aku tidak bisa menguraikan semuanya. “^^a

Untuk segdikit gambaran bagaimana sih animenya, di bawah ini ada video reviewnya. (btw, ini video anime review pertama yang aku buat sendiri hehe)


Soundtrack dari anime ini juga bagus banget! Ini salah satu anime yang aku rela untuk menyaksikan opening dan endingnya sampai habis di setiap episodenya. hehe Biasanya kalau nonton anime padahal lagu opening dan ending-nya aku skip aja. Btw, lagu yang aku pake untuk video anime review di atas adalah lagu opening-nya yang dibawakan oleh mba 富田麻帆 (Maho Tomita) berjudul 晴れのちハレ! (Harenochi Hare), dan ending-nya dinyanyikan oleh MIKO (pengisi suara Yurie) berjudul ICE CANDY. Ternyata mba MIKO ini juga hebat bernyanyi, tidak hanya mengisi suara Yurie. Aku cukup terkejut saat mengetahui kalau ternyata pengisi suaranya Yurie adalah penyanyi lagu ending-nya. Sempitnya dunia. :D


Demikian untuk anime review kali ini. Berharap kita bisa berjumpa lagi di edisi berikutnya. Semoga bermanfaat! SEE YOU AGAIN!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar