Pujian Itu Kutukan !!


Assalamu'alaikum!! Mumpung hari ini libur, aku menyempatkan diri untuk menulis lagi. Berhubung sudah lama tidak menulis, jadi tidak terbiasa dengan keyboard lagi, jadi salah-salah mengetiknya. Mungkin beberapa kata di tulisan ini akan mengalami typo* (harap maklum).

Baiklah, mari membahas satu kebiasaan yang mungkin sering dilakukan beberapa orang di sekitar kita atau bahkan mungkin diri kita sendiri. Kebiasaan itu adalah 'memuji' (n. puji). Sebelumnya aku ingin bertanya? Apa kalian suka kalau dipuji? Suka dong ya pastinya.. siapa sih yang gak suka dipuji? Meskipun beberapa orang mungkin berkata tidak suka dilisannya, tapi aku yakin dalam lubuk hati yang paling dalam pasti ada secerca kebahagiaan juga saat mendengar pujian. Tulisan kali ini tidak akan membahas bagaimana bagusnya pujian maupun cara menggunakan pujian yang baik dan benar untuk keuntungan sendiri, tapi aku akan membahas sisi gelap dari pujian.

Puji adalah rasa pengakuan dan penghargaan yang tulus akan kebaikan (keunggulan) sesuatu. Memuji: melahirkan kekaguman dan penghargaan kepada sesuatu. Pujian: pernyataan memuji. (Sumber: KBBI)


Guruku semasa SMA dulu pernah mengatakan kalau pujian itu adalah pemanis. Kita bisa membahagiakan orang lain hanya dengan memberikannya pujian. Dan aku setuju dengan pernyataan guruku itu. Iya, pujian bisa mendatangkan bahagia, tapi kemudian aku pikirkan lagi, apa mungkin ada dampak buruk dari rasa bahagia itu?

Seperti bayangan yang akan selalu ada di sisi lain cahaya, begitupun segala sesuatu yang ada di dunia ini. Seperti yang baru-baru ini aku pelajari di mata kuliah K3, aku baru tahu bahwa bahkan efek kecelakaan terburuk pun memiliki nilai keuntungan baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika yang paling buruk saja memiliki kebaikan, aku rasa juga berlaku sebaliknya, bahkan sebaik apa pun sesuatu pasti punya keburukan yang dalam hal ini adalah pujian.

Apa keburukan dari pujian? Aku sudah yakin beberapa dari kalian yang membaca tulisan ini pasti sudah tahu dampak buruk dari pujian. Jika belum tahu, coba deh dipikirkan lagi.

Baiklah, yang menurutku keburukan pertama dari pujian adalah menghentikan orang lain untuk terus berkembang. Kata pujian itu terkadang seperti anggur merah yang selalu memabukkan diriku, belum seberapaaaEhem, tapi serius, pujian itu terkadang memabukkan dan membuat orang yang menerimanya terlena, cukup terlena hingga akhirnya membuatnya lupa kalau sebenarnya perjalanan sebenarnya masih jauh membentang di depannya. Pujian juga ditakutkan menimbulkan dalam pikiran seseorang, "Ah, sudahlah, jadi yang sekarang aja udah keren, udah dipuji" (atau pikiran lain yang sejenis).

Kemudian keburukan kedua, pujian bisa menjadikan seseorang diperbudak oleh pujian. Menjadikan segala sesuatu yang dia lakukan semata-mata hanya karena ingin mengejar pujian dari orang lain. Karena terbiasa dipuji dan senang kalau dipuji, membuat orang terkadang haus terhadap pujian lainnya.

Yang terakhir, efek buruk ketiga dari pujian; pujian bisa membuat seseorang menjadi sombong dan lupa diri. Ini cukup parah menurutku, karena menjadikan orang yang dipuji bukannya mendapatkan kesenangan, malah mendapatkan penyakit dalam hatinya, kan kasian tuh.

Nah, itu dia 3 efek buruk dari pujian yang bisa aku sampaikan, tidak menutup kemungkinan kalian yang membaca ini lebih memiliki ide tentang efek buruk pujian. Mari berbagi dan tulisakan apa itu di kolom komentar di bawah. ^^

Sebelum aku menutup tulisan ini, mari disimpulkan dulu. Pujian itu ternyata memiliki 2 sisi; baik maupun buruk. Baik karena bisa membuat orang lain senang atau mungkin malah termotivasi dan buruk karena bisa membuat orang sombong, lupa, lalai, dan diperbudak oleh pujian itu sendiri. Hal ini kembali lagi ke pribadi masing-masing. Tapi intinya sih, sesuatu yang berlebihan itu memang tidak selalu baik, bahkan pujian. Berikanlah pujian sekedarnya, karena orang lain yang kita puji juga adalah manusia sama seperti yang memberikan pujian. Berikanlah pujian hanya kepada sang pencipta alam semesta ini, Allah SWT, sesungguhnya hanya DIA yang pantas mendapatkan segala pujian. Dan janganlah juga menjadikan pujian sebagai bentuk olok-olokan versi baru yang bisa melukai perasaan orang lain.

Oh iya, tentang judul postingannya, yah, aku selama hidup ini menganalogikan pujian itu bagaikan sebuah kutukan, karena benar-benar bisa menghambat perkembangan dan menumbuhkan penyakit hati pula, jadi pujian itu memang KUTUKAN terhadap hidup manusia!! XD
(Tapi tidak seburuk itu juga jika kadarnya benar)

Sekian untuk tulisan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kehidupan kita semua! Lebih kurangnya saya mohon maaf, kesempurnaan hanyalah milik-NYA semata, terima kasih sudah berkunjung dan bersedia membaca. hehe

CHEERIO!!!

*salah ketik/tulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar