Pin dengan Ekspresi Sedih

Selamat malam..

Entah apa yang mendorongku, jadi ingin sekali menulis malam ini. Hmm. Terkadang lebih baik ungkapkan semua uneg-uneg yang ada di dalam kepala daripada memendamnya seorang diri.

Malam ini aku ingin membahas sesuatu yang menjadi ciri khasku sekarang, yaitu pin lambang ekspresi sedih yang aku gunakan di tas. Banyak orang yang menanyakan tentang alasanku memilih ekspresi ketimbang dengan emot senyum seperti yang orang biasa gunakan. Meskipun terkadang memang lebih enak jika hidup bebas, namun memiliki satu alasan pasti untuk sesuatu terkadang perlu, begitupula dengan pinku itu.

Sebenarnya aku sudah mulai kelas XI menggunakaan pin tersebut. Namun aku sempat kehilangan pin tersebut ketika sedang berada di jalan. Sebenarnya aku membuat 2 buah, tapi satunya aku berikan kepada orang yang berharga bagiku waktu itu. Aku sempat berhenti menggunakannya, hingga saat beberapa bulan lalu aku memutuskan untuk kembali membuat desainnya, kali ini menggunakan aplikasi yang lebih profesional, CorelDraw. Sebelumnya aku hanya menggunakan PhotoPaint. HAHA Aplikasi menggambar pertama yang aku kenal.

Banyak orang berpikir bahwa pin itu menggambarkan bagaimana keadaan perasaanku. Kenyataannya itu salah. Dari awal aku menggunakan pin itu, sebenarnya untuk menyampaikan pesan kepada siapapun yang menggunakannya. Pada awalnya aku berniat hanya menyampaikan satu pesan, tapi baru-baru ini aku menyadari ada pesan lain di sana.


Pesan pertama adalah tentang pengingat bahwa kesedihan itu ada setelah kebahagiaan. Banyak orang terkadang terlalu nyaman berada di tengah kebahagiaan sampai lupa kalau ada kesedihan di dekatnya. Banyak orang yang terlalu nyaman dalam kebahagiaan sehingga tidak siap untuk menghadapi kesedihannya. Sebenarnya aku juga terinspirasi dari salah satu lagu favoritku, aku juga menganggapnya sebagai soundtrack dari hidupku, satu lagu dari band Good Charlotte yang berjudul Misery. Kalimat dari liriknuya yang menjadi fokusku adalah bagian "keep your sadness alive".

Semua orang seharusnya tidak pernah lupa akan kesedihannya dan selalu mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Dunia ini penuh dengan hal-hal yang bisa membuat kita sakit, sedih dan kecewa. Penting untuk selalu memiliki hati yang kuat.

Pesan kedua yang baru saja aku sadari, bahwa pin wajah sedihku itu sebagai pesan kepada setiap orang yang melihatnya untuk jujur terhadap perasaannya sendiri. Banyak orang sekarang lebih memilih untuk membohongi perasaannya dan bertindak sok kuat. Lebih memilih tersenyum atau pura-pura bahagia padahal dalam hati sedang menangis. Aku tau, banyak orang menganggap bahwa mengekspresikan kesedihan adalah sebuah tanda kelemahan. Tapi harapanku sih setiap orang yang melihat pin-ku akhirnya bisa sadar dengan apa yang benar-benar dia rasakan kemudian mengekspresikannya. Tidak harus selalu dengan air mata, tapi bisa juga dengan luapan yang sifatnya artistik terlebih baik jika bernilai.

Yap, itulah alasan mengapa aku memakai pin wajah sedih itu di tasku. Aku sekarang sudah membuat 4 buah pin, untuk jaga-jaga siapa tau pin itu akan jatuh di jalan lagi seperti saat SMA dulu. Jika kalian berminat untuk menggunakannya juga, aku menjual lebihnya di bagian "Toko" di tab atas, coba deh kunjungi sesekali. hehe

Sekian dulu untuk malam ini, sebaiknya aku tidur sekarang, banyak tugas yang menungguku besok. Terima kasih atas perhatiannya.

Cheerio!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar