Tentang Wawancara/Interview Kerja (Aku Berharap Tahu Ini Lebih Awal)



Pernah menjalani wawancara kerja? Untuk kalian pekerja di suatu perusahaan pastinya pernah melalui tahapan ini (kecuali memang kamu ada orang dalam jadi bisa langsung masuk aja tanpa wawancara). Untuk kalian yang mungkin akan wawancara kerja, aku mau berbagi ilmu nih seputar wawancara kerja. Ilmu ini aku dapatkan dari seminar kecil situs pencari kerja Karir dot com. Untuk kalian yang belum tau, Karir dot com itu salah satu situs pencari kerja yang bagus banget. Mereka target pekerjanya kebanyakan adalah mahasiswa-mahasiswa yang baru lulus, dan mereka ambil untuk mengatur jenjang karir kita. Bagus banget dan beda, kalian harus coba.

Ada 6 tips untuk kalian yang akan melakukan wawancara;

Pertama, tunjukkan motivasi kerja. Ini bagian yang cukup penting jika kalian memang tertarik untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan tersebut, maka kalian harus tunjukkin tuh motivasi yang tinggi untuk bisa diterima, tunjukkan bagaimana semangat kalian dan betapa bisanya kalian memenuhi espektasi perusahaan.


Kedua, dalam sebuah wawancara itu biasanya ada polanya, dan pola itu adalah strategi STAR. SITUATION. Awalnya kamu akan diminta menceritakan pengalaman yang terkait dengan topik tertentu. Misal: Bisakah kamu ceritakan pengalaman kerjamu ketika menghadapi target yang tinggi. Kamu bisa menjawab 1 atau lebih pengalaman sesuai dengan permintaan. Ceritakanlan pengalaman kamu secara detil sehingga orang yang mendengar bisa membayangkan apa yang terjadi pada situasi  tersebut. Kapan terjadinya? Siapa saja yang terlibat? Bagaimana awal kejadiannya? TASK. Setelah menjelaskan situasi dari pengalaman, kamu akan ditanya mengenai apa tugas atau misi kamu dalam situasi tersebut. Terkadang pertanyaan ini menjadi satu dengan bagian sebelumnya. Jawablah secara spesifik dan afirmatif mengenai tugas atau misi kamu. Jelaskan target atau capaian yang harus kamu capai. Jelaskan pula mengenai tantangan yang kamu hadapi dalam mencapai target. ACTION. Pertanyaan ini meminta kamu menceritakan serangkaian tindakan yang kamu lakukan dalam sebuah situasi dan untuk menjalankan tugas kamu. Jelaskan tindakan-tindakan kamu secara spesifik sehingga orang bisa membayangkan apa yang kamu lakukan. RESULT. Bagian terakhir dari wawancara kerja STAR adalah menggali tentang hasil yang kamu capai dalam sebuah pengalaman. Hasil tersebut tentu mengacu pada jawaban terhadap pertanyaan TASK. Apakah target kamu tercapai? Bila tercapai, apa faktor yang mendukung keberhasilan itu? Bila tidak tercapai, sampaikan apa adanya tapi dengan cara elegan dan tetap optimis. Sampaikan pelajaran yang kamu dapatkan dari kegagalan itu dan apa langkah antisipasi bila menghadapi situasi yang sama di masa depan.

Ketiga, kalian harus tahu bener dengan perusahaan yang kalian akan masuki. Ini menunjukkan keseriusan kalian dalam melamar pekerjaan. Yah, minimal kalian tahu lah perusahaannya itu bergerak dibidang apa aja, keterlaluan kan kalau sampai tidak tahu. Pelajari juga produk yang menjadi unggulan perusaan. Lebih bagus juga jika kalian bisa tahu kebijakan perusahaan yang berhasil positif.

Keempat, diusahakan untuk bertanya, atau yang orang Karir bilang tuh malah WAJIB untuk bertanya KECUALI masalah gaji. Yah kalian bisa menegokan masalah gaji ketika sudah ditanya sih. Tapi awal-awal sudah menanyakan gaji itu cukup fatal. Jadi tanyakan apa pun kecuali gaji, misalnya tentang budaya kerja perusahaan.

Kelima, kalian harus menunjukkan gesture atau gerak tubuh yang profesional. Bagaimana itu? Yang pasti tegak, dengan tangan terlipat rapi di atas meja (macam anak SD yang kalau paling rapi boleh pulang duluan). Bagus juga kalau bisa sambil menggerakkan tangan seirama dengan apa yang akan dikatakan (bukan joget). Dilarang untuk menyilangkan tangan saat wawancara ya.

Keenak, yang terakhir ini cukup penting juga, grooming, alias berdandan. Kalau mau wawancara itu harus rapi, itu jelas. Khusus untuk yang cowo mesti cukuran atau setidaknya merapikan segala bulu wajah.

Yap, itu ilmu-ilmu seputar wawancara kerja yang bisa aku bagikan kepada kalian. Semoga bermanfaat, khususnya untuk kalian yang belum pernah melakukan wawancara kerja. Aku pribadi sih pernah menyesal karena saat pertama kali wawancara kerja, aku tidak tahu tentang ilmu-ilmu wawancara ini dan bagaimana rahasia dibalik pewancara kerja. Karena wawancara kerja ini begitu krusial, maka harus banget tahu teknik-tekniknya.

Kalau kalian ada ilmu-ilmu lain seputar wawancara, bisa berbagi di kolom komentar di bawah. Mohon maaf kalau ada salah kata ya.

Cheerio!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar