Desain Sementara Untuk Pabrik yang Sedang Aku Buat


Selamat malam. Aku senang malam ini aku bisa sedikit merenggangkan badanku setelah kemarin hampir seharian penuh aku menghabiskan waktuku di depan laptop untuk mengerjakan desain proses untuk pabrik sebagai bahan skripsiku nanti. Yah, kalau kalian melihat sendiri bagaimana gambar di atas yang merupakan proses hasil desainanku setelah belajar hampir 2 hari-an, memang nampak sederhana, tapi percayalah teori yang ada di setiap garisnya itu lebih rumit daripada yang terlihat. Saat awal memasuki jurusan ini juga aku pikir Teknik Kimia itu jurusan orang-orang yang kerjaan hanya di dalam laboratorium untuk membuat sebuah unsur, tapi ternyata lebih luas daripada itu. Harus aku akui aku terkejut dan senang di saat yang bersamaan, karena ini seru!

Bisa mempelajari sesuatu yang baru selalu bisa membuatku semangat untuk menjalani hidup ini. Tidak seperti saat masa SMP,  saat aku benar-benar seperti kehilangan tujuan hidupku dan tidak bisa memikirkan hal lain selain ingin mengakhiri hidup. Aneh.

Desain Pabrik untuk skripsiku ini adalah desain pabrik Vinyl Chloride Monomer atau yang biasa disingkat dengan VCM. Saat mendengar VCM sebagian besar orang tidak tau apa fungsi, tapi saat aku bilang PVC pasti banyak yang tahu. Yap, VCM ini adalah bahan baku dasar pembuatan PVC. Sejenis plastik yang banyak digunakan untuk pembuatan pipa karena ketahanannya.


Sampai sekarang aku belum menunjukkan desainku ini sih kepada dosen pembimbingku, entah ii benar atau tidak, atau nanti mungkin ada yang dicoret lagi oleh beliau. HAHA Begitulah.. kalau belum begitu kan belum jadi mahasiswa berarti. Sesungguhnya dari tiap coretan dosen, ada banyak ilmu yang terkandung di dalamnya, dan kita harus mensyukuri setiap ilmu itu.

Tugasku berikutnya setelah desain prosesku ini diterima adalah untuk menghitung bagaimana kerjanya secara konkret, berapa banyak massa yang masuk dan berapa banyak massa yang keluar. Itu akan menjadi tantangan seru berikutnya. Ini akan seru dan saat ini aku sedang bersemangat sekali untuk mengerjakannya. Aku harap sih bisa menyelesaikannya dalam 2 bulan, meskipun terdengar mustahil, tapi kalau berusaha mati-matian insyaAllah kan bisa, doakan saja.

Baiklah, sebaiknya aku tidur, karena besok aku masih harus konsultasi dengan dosen pembimbingku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar