Desain Terkadang Sulit


Iya, hanya terkadang sih. Aku rasa bukan cuma desainer sih, semua orang juga kalau kehabisan ide akan bingung sendiri bagaimana mengatasinya. Beberasa orang memiliki solusi dengan menenangkan diri, minum kopi atau teh, dan ada juga yang melakukan hobi lain yang menyenangkan.

Seperti yang aku alami hari ini, sepertinya aku kehabisan ide memikirkan bagaimana caranya membuat gambar sebuah container menjadi sebuah objek vektor yang sederhana. Seandainya ini semudah menyederhanakan sebuah kata, tapi desain tentang membuat sebuah bentuk universal yang nantinya tidak cuma dipahami oleh aku, sang desainer, tapi juga untuk orang lain bahkan untuk orang awam akan mudah untuk memahami dan menebak bentuknya. Itu tidak mudah dan aku sudah melalui ini di banyak sekali kesempatan.

Aku yang dulu selalu merasa sungkan/malu untuk meminta bayaran tinggi untuk jasa desain, sekarang jadi merasa maklum aja dan aku harap kalian yang membaca tulisan ini juga mengerti—sebenarnya desain itu bukan cuma sekedar mainan aplikasi, membuat garis sembarangan, kemudian jadi. Tidak. Desain itu lebih kepada ide yang tertuang di dalamnya, makna yang tersampaikan oleh sebuah kesederhanaan. Bukan dalam waktu satu dua hari untuk mendapatkan kemampuan sense yang bagus untuk merasakan dan menyederhanakan bentuk dan visual, tapi butuh pengalaman bertahun-tahun, juga latihan yang tidak ada henti, serta mengambil pelajaran dari setiap yang dilihat, didengar dan dirasakan.

Seperti pekerjaan lain yang pastinya juga memiliki tantangan, maka ini adalah tantangan untuk seorang pekerja desain. Aku merasa seperti harus menciptakan sebuah bahasa baru yang bisa dipahami oleh semua orang. Bertemu banyak orang, kemudian mempelajari sudut pandang mereka, secara tidak sadar aku lakukan dalam beberapa tahun ini, khususnya setelah aku resmi bergelar "desainer".

Memang benar, ilmu sekecil apa pun, pasti akan berguna di masa depan. Entah itu sebagai ilmu yang membuka jalan untuk ilmu lain, atau bahkan ilmu itu sendiri yang bermanfaat.

Tulisan ini aku buat hanya untuk mengeluarkan segala uneg-uneg yang ada di dalam kepala seraya melatih kembali kemampuan menggambarku yang sudah lama sekali tidak digunakan. Aku mungkin akan sangat menyesal ketika aku kehilangan hobi menggambar dari kehidupanku. Game begitu menghabiskan waktuku akhir-akhir ini. Di malam yang ditemani rintik hujan menyejukkan ini, aku berharap akan mendapatkan pencerahan dan menyelesaikan semua desain yang harus aku selesaikan. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desain Terkadang Sulit"

Posting Komentar